22 April 2024

`

Calon Dokter Asal Bima Ini Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UB 2023

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Mahasiswa Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Nasim Amar, meraih Juara 1 pada kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres), Senin (10/04/2023) di kampus setempat. Nasim Amar menyisihkan 18 peserta dari seluruh fakultas.

 

Nasim Amar, bersama para mahasiswa lain yang menang dalam kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres), Senin (10/04/2023) di kampus setempat.

 

AMAR mengaku,  dalam tiga tahun terakhir masa kuliahnya, ia berhasil meraih lebih dari 50 prestasi. “Dari sekian banyak prestasi,  yang  berkesan ketika meraih juara 3 di kompetisi  Riset Internasional Biomedical Congress Liga Medika dengan membawakan topik anggur laut (seagrapes) sebagai anti kanker,” katanya usai menerima penghargaan.

Mahasiswa Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Nasim Amar, meraih Juara 1 pada kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres), Senin (10/04/2023) di kampus setempat.

Prestasi terakhirnya yang tidak kalah membanggakan ketika dia meraih gold  medal di ajang riset yang dilaksanakan di Bali, Minggu (12/03/2023). Saat itu dia membuat inovasi deteksi dini TBC yang bernama Micro be Mate. “Ini merupakan inovasi berkolaborasi dengan mahasiswa Fakultas Teknik UB,” katanya.

Pria kelahiran Bima,  Nusa Tenggara Barat, ini menceritakan, perjuangan panjangnya  untuk lolos seleksi di tingkat Fakultas Kedokteran untuk menjadi wakil FKUB, tidaklah mudah. Karena dia harus  bersaing dengan teman-teman dari prodi lain yang ada di FKUB (Kedokteran, Farmasi, dan Kebidanan).

“Dalam kompetisi ini para mahasiswa yang akan berlaga diminta membuat satu gagasan kreatif yang  dipresentasikan  dalam  bahasa Inggris di depan tim penguji,” kata mahasiswa yang hobby bermain basket dan volly ini.

Selain itu, Nasim  Amar juga harus berjuang di tengah padatnya aktivitas perkuliahan dan berjuang melawan para pesaing sesama mahasiswa yang juga tidak kalah dengan prestasinya. Namun dia tetap semangat untuk terus belajar dan mengembangkan ilmu yang telah ia dapatkan.

Amar mengaku, saat ini sangat tertarik dengan perkembangan research dan ilmu – ilmu baru yang dia pelajari dan berharap kedepan akan terus melakukan inovasi- inovasi yang berguna bagi masyarakat.

dr. Eriko Prawestiningtyas, Sp.F, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa FKUB, menambahkan,  Pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini merupakan kegiatan nasional yang digagas  Pusat Prestasi Nasional DItjen Belmawa.  Seleksi ini dilaksanakan berjenjang,  sejak  tingkat fakultas  hingga universitas.

“Dengan lolosnya Nasim Amar menjadi wakil UB untuk melanjutkan seleksi di tingkat wilayah, dalam hal ini LLDIKTI Wilayah 7, merupakan hal yang patut diapresiasi positif, karena dapat membuktikan bahwa mahasiswa UB dapat berkiprah maju tidak terbatas pada kegiatan akademik, namun juga kegiatan non akademik,” jelasnya. (div/mat)