20 Juli 2024

`

Bupati Sanusi Raih Penghargaan Chief Of Transformation Dari AWS

2 min read

JAKARTA, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, membawa pulang dua  penghargaan sekaligus dari Jakarta. Bupati Malang, HM Sanusi, menerima penghargaan dari Amazon Web Series (AWS) sebagai Chief Of Transformation. Sedangkan Kepala Bappeda, Ir. Tomie Herawanto, MP, meraih Digital Innovation Leader dari Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri,  Dr. Safrizal Z.A, M.Si, di Gedung D Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (20/03/2023).

 

Kepala Bappeda, Ir. Tomie Herawanto, MP, meraih Digital Innovation Leader dari Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Dr. Safrizal Z.A, M.Si, di Gedung D Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (20/03/2023).

 

ACARA ini dihadiri Direktur AWS, Direktur ASEAN Government Transformation AWS, serta Country Manager AWS.

Menurut Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Ir. Tomie Herawanto, MP, program ini mendapatkan banyak apresiasi, baik dari dinas maupun dari perusahaan, karena sangat berdampak langsung kepada pemerintahan. “Bupati Malang mendapat penghargaan tersebut semata-mata atas dasar kepemimpinannya dalam menggerakkan transformasi digital pada program kampus merdeka Indonesiaku AWSome,” katanya.

Contohnya, upaya digitalisasi desa di Kabupaten Malang. Dalam hal ini desa dituntut harus mampu beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi dengan mengurangi kesenjangan digital melalui pengembangan desa digital.

Bupati Malang, HM Sanusi, usai menerima penghargaan dari Amazon Web Series (AWS) sebagai Chief Of Transformation.

“Pemkab Malang, melalui Bappeda, juga memiliki sejumlah aplikasi untuk mendukung pelaksanaan tata kelola pemerintah berbasis elektronik atau E-Government. Aplikasi tersebut antara lain E-Planning yang didalamnya terdapat berbagai aplikasi terkait, seperti E-RPJMD, E-Renstra, E-RKPD, E-Renja, E-Musrenbang, dan E-Pokir. Selain itu Pemkab Malang juga sudah mengimplementasikan E-Budgeting yang juga sudah terintegrasi dengan E-Planning, E-Renja, dan E-Monev,” terang Tomie.

Kepala Bappeda, Ir. Tomie Herawanto, MP, meraih Digital Innovation Leader dari Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Dr. Safrizal Z.A, M.Si, di Gedung D Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (20/03/2023).

Menurut Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Ir. Tomie Herawanto, MP, kegiatan yang juga diinisiasi oleh SEAL (Social Economic Accelerator Lab)  ini juga merupakan pengembangan bisnis strategis antara KEK Singhasari dengan AWS. “Banyak aspek digital yang bisa dikembangkan dan dipakai oleh pemerintah. Seperti website, animasi, video dan ruang lingkup digital lainnya. Salah satu kunci sukses dari percepatan transformasi digital, khususnya di pemerintahan, adalah kolaborasi dari berbagai pihak dari pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat, komunitas, dan media. Maka dari itu KEK Singhasari akan terus dimatangkan dalam hal transformasi digital. Karena di KEK Singhasari dari awal memang dikonsep untuk industri digital dan animasi,” jelas Tomie.

Dalam acara Indonesiaku AWSome! Demo Day yang diinisiasi SEAL, merupakan pengembangan bisnis strategis antara Pemerintah Kabupaten Malang dengan Amazon Web Series (AWS). AWS juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Malang karena telah melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM Indonesiaku AWSome! difokuskan untuk menyinergikan visi akselerasi  transformasi digital di bidang layanan publik  yang telah sukses dilaksanakan selama 2 semester pada tahun 2022. Kegiatan ini diikuti 607 mahasiswa yang berasal dari 78 universitas, menghasilkan 64 solusi smart city & smart public sector dan 5 solusi telah berhasil diimplementasikan. (bri/mat)