23 April 2024

`

Bupati Jembrana Pelajari Pengembangan Desa Wisata Boonpring

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Bupati Jembrana, Bali, I Nengah Tamba, SH, bersama sejumlah pejabat, melakukan studi banding ke Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (16/05/2022), mempelajari pengembangan desa wisata. Salah satu yang dikunjungi, Desa Wisata Boonpring Sanankerto, Kecamatan Turen.

 

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto (baju putih) bertukar cindera mata dengan Bupati Jembrana, Bali, I Nengah Tamba, SH. (baju batik) Bersama para pejabat kedua daerah.

 

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto (baju putih) bertukar cindera mata dengan Bupati Jembrana, Bali, I Nengah Tamba, SH. (baju batik).

WAKIL Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, yang menyambut rombongan Bupati Jembrana,  menjelaskan, fokus kunjungan ini adalah melihat  potensi desa wisata di Kabupaten Malang.

Di kabupaten terluas kedua di Jawa Timur setelah Banyuwangi ini terdapat 22 Desa Wisata. Di antaranya, Desa Wisata Adat Ngadas, Desa Wisata Gubugklakah, Desa Wisata Poncokusumo (ketiganya masuk Kecamatan Poncokusumo). Desa Wisata Pujon Kidul (Kecamatan Pujon), Desa Wisata Boonpring Sanankerto (Kecamatan Turen),  dan Desa Wisata Bowele (Kecamatan Tirtoyudo).

“Desa Wisata Boonpring Sanankerto yang dikunjungi romobngan Jembrana telah mendapatkan penghargaan Juara III Kategori Desa Daya Tarik Wisata. Sedangkan Desa Wisata Pujon Kidul mendapatkan penghargaan Kategori Desa Mandiri Inspiratif dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021,” terang Wakil Bupati Malang.

Desa Wisata Boonpring Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang yang jadi sasaran studi lapang rombongan Bupati Jembrana, Bali, I Nengah Tamba.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, mengungkapkan, pihaknya  sengaja membawa rombongan,  baik jajaran perangkat daerah dan Kelian Kabupaten Jembrana,  mempelajari lingkungan dan wisata di Kabupaten Malang.

“Setelah saya amati, ternyata  potensi wisata dan desa di Kabupaten Malang lebih maju. Saya berharap Kabupaten Malang juga berkenan berkunjung ke Kabupaten Jembrana untuk membangun tali silaturahmi dan kerjasama antar daerah,” harapnya.

Trisulaswanto

Sementara itu, Camat Turen, Drs. Trisulaswanto, MSi, menjelaskan, rombongan Bupati Jembrana, melakukan studi lapang di wisata Boonpring setelah sebelumnya diterima di Balai Desa Sanankerto. Rombongan ini juga mempelajari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mitra Taloka, Desa  Talok, Kecamatan Turen.

Menurut Trisulaswanto, salah satu binis BUMDES Mitra Taloka adalah pelayanan jasa pengiriman barang. Namanya, talok.go. “Dalam hal ini mereka kerjasama dengan dokter, sehingga pasien tak perlu antri obat, karena yang mengambilkan obat aplikasi talok.go. Bahkan sekarang sedang merintis aplikasi ina.go, kerjasama dengan Tanzania dan Philipina, dalam bidang pengiriman barang,” jelasnya, Kamis (19/05/2022) siang di Turen. (div/mat)