26 Juni 2024

`

Biar Kendaraan Bermotor Awet, Ini Yang Harus Dilakukan

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tidak semua pengemudi atau pemilik kendaraan bermotor tahu cara merawatnya, terutama kaum perempuan. Padahal hal ini sangat penting agar kendaraan awet, tahan lama, dan terhindari dari kecelakaan. 

 

M Irkham Mamungkas, ST, MT.

“SAYA sering menemui banyak pengendara yang bingung cara merawat mesin. Beberapa kali menemui wanita yang kehabisan bensin di jalan, naik motor atau mobil dengan tancap gas, lalu tiba-tiba rem mendadak, dan lainnya. Hal-hal itu sebenarnya tidak bagus untuk performa mesin,” kata Dosen Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, M Irkham Mamungkas, ST, MT, Rabu (05/07/2023) siang.

Dia menambahkan, meski seseorang tidak banyak tahu tentang seluk beluk kendaraan bermotor, hendaknya hal-hal dasar dalam perawatan harus dimiliki seorang pengemudi. Mulai cara menggunakan mesin hingga perawatan berkala, baik mobil maupun sepeda motor.

“Mobil dan motor itu perawatannya memang berbeda, tetapi pada dasarnya sama. Misalnya, sebelum digunakan, mesin kendaraan perlu dipanaskan terlebih dahulu. Jangan langsung dipakai dan digas saja. Ini hal sepele dan mudah, namun sering diabaikan,” tambah Irkham Mamungkas.

Merawat kendaraan bermotor harus rutin dilakukan agar awet.

Selain itu mengganti oli dan service secara berkala, mengecek tekanan ban, harus dilakukan. Jika diabaikan, hal ini bisa berakibat fatal, bahkan bisa menjadi penyebab kecelakaan. “Tekanan ban depan dan belakang itu punya angka yang berbeda. Ini penting diperhatikan. Selain karena alasan keamanan dan performance, hal ini dapat menjaga menjaga kualitas velgnya dan bisa memper[anjang umur velg,” jelasnya.

Hal yang tak kalah penting dalam memelihara kendaraan bermotor adalah jangan sampai kendaraan tersebut kehabisan bensin. Meskipun tidak merusak keseluruhan mesin kendaraan secara langsung, keteledoran ini membuat performa mobil atau motor semakin berkurang. Di samping itu, jika kendaraan terdengar berisik, hendaknya segera diservis karena dipastikan terjadi kerusakan pada suatu mesin.

“Biasanya, jika ini terjadi, berarti ada bagian yang harus diganti atau dibersihkan. Kalau ingin kendaraan tahan lama, saat menggunakannya harus hati-hati, utamanya untuk para pengendara perempuan yang seringkali dianggap tidak memperhatikan mobil atau motornya,” pungkas Irkham. (div/mat)