13 April 2024

`

Berbekal Keahlian Menulis, Mahasiswa MIPA UB Ini Terbang ke AS

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Berbekal keahlian menulis, mahasiswa Kimia Fakultas MIPA Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur, St Shofiah Aghnani Alfi Laila Fq, berhasil mewakili Indonesia dalam program YSEALI (Young Southeast Asian Leaders Initiative) yang diadakan US Embassy.

 

Shofie bersama delegasi dari negara lain.

 

MAHASISWI yang biasa dipanggil Shofiah ini lolos program YSEALI AFP di musim gugur, dan terbang ke Amerika Serikat,  dibiayai penuh oleh U.S Departement of State selama lima minggu, sejak 17 September hingga 21 Oktober 2022.

“Hal ini berawal dari personal statement 250 kata yang saya tulis sebagai syarat seleksi. Menurut saya, skill menulis merupakan hal dasar yang bisa membawa saya ke berbagai event,” ungkap mahasiswi yang aktif di UKM Riset dan Karya Ilmiah Mahasiswa (RKIM) ini, belum lama ini.

Shofiah ditempatkan di host institusi University of Connecticut (Uconn) yang terletak di negara bagian Connecticut. Dalam Program ini,  Shofiah mempelajari tentang kewirausahaan sosial dan mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan tentang Indonesia di kelas terbuka Uconn bersama  delegasi Indonesia lainnya.

“Selain menyukai bidang science dan penulisan, saya juga memiliki ketertarikan di bidang social entrepreneurship. Untuk itu saya tertarik mengikuti program ini,” katanya.

Shofiah menyampaikan, program ini merupakan program yang diinisasi mantan Presiden AS, Barack Obama untuk warga ASEAN yang dibuka dua kali setiap tahun. Program ini terdiri dari pembelajaran dalam kelas, volunteering, study tour, dan trip.

“Program ini tidak hanya fokus pada social entrepreneurship, tetapi juga menyediakan dua cohort lainnya,  yaitu civic engagement dan environment issue. Dari segi leadership juga sangat insightful dan implementatif untuk diterapkan di lingkungan serta bisnis sosial di masa mendatang,” ujarnya.

Dari segi networking, Shofiah mengaku mendapatkan banyak teman baru dari 10 negara ASEAN lainnya, serta mahasiswa lokal yang sekolah di Uconn.

“Program ini sangat cocok untuk teman-teman yang aktif di komunitas dan antusias untuk membawa dampak di masa yang akan datang. Tahapan seleksinya juga lebih singkat dan sederhana jika dibandingkan dengan exchange lainnya yaitu tahapan seleksi administrasi dan interview,” pungkasnya. (div/mat)