23 Februari 2024

`

Baznas Ajak Anak Yatim Belanja ke Mall

2 min read
Sekkota Malang, Drs. Wasto, SH, MH.
Sekkota Malang, Drs. Wasto, SH, MH, Ketua Baznas Dr Fauzan Zenrif beserta para anak yatim.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Ratusan anak yatim se Kota Malang, Jawa Timur,  menyerbu  sejumlah mall, seperti Ramayana, Malang Town Square (Matos) serta Giant. Ini adalah bagian dari program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang untuk memanjakan para anak yatim selama Ramadan 1439 H/2018.

 

SEBELUMNYA, ratusan anak yatim dibagi dalam beberapa kelompok. Didampingi para relawan dan orang tua asuh, para yatim memilih barang di mall yang menjadi kesukaannya untuk dibeli.

“Dari 200 anak, 50 anak dibawa ke Ramayana di bawah komando Sulton Hanafi, SE, MM, Sekretaris Baznas Kota Malang. Sedangkan puluhan lainya, ke Matos, dipimpin Sulaiman, Direktur Skonomi Pendayagunaan Baznas. Sementara sisanya, dibawa ke Giant Kebonsari dan Giant Sawojajar,” tutur Dr. Fauzan Zenrif, Ketua Baznas Kota Malang, Sabtu (09/06/2018).

mall di Kota Malang.
Ratusan anak yatim menyerbu sejumlah mall di Kota Malang.

Salah satu pendamping, A. Suhadi mengaku, ada keunikan tersendiri saat mengawal anak-anak yatim berbelanja. Dengan jumlah banyak, dengan  kebutuhannya yang beraneka ragam. Yang pasti harus menyesuaikan kondisi postur tubuh dengan ukuran pakaiannya.

“Selama ini, kita hanya mengajak anak kandung kita sendiri, yang sudah hafal dengan posturnya. Tapi kali ini agak berbeda,” tuturnya.

Namun lanjutnya, ia merasa bangga dan puas bisa mendampingi anak-anak yatim belanja di mall. Bisa merasakan, perasaan anak yatim yang tampak bahagia bisa ngemall, bahkan meluapkan kegembiraannya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH, mengapresiasi langkah dan ide cerdas dari Baznas Kota Malang. Menurutnya, program ini sangat realistis dan visioner, untuk menekan angka kemiskinan di Kota Malang.

“Selain itu, Baznas juga berhasil mengelola dana infaq dari 7.000 lebih ASN Pemerintah Kota Malang, yang per bulan saat ini mencapai Rp 200 juta. Baznas mampu mengantarkan 4.000 UKM di Kota Malang mengembangkan usahanya,” turtur sekota.

Diharapkan, ke depannya, ada 4.000 UKM dan kelipatannya bisa dimajukembangkan. Semoga 1.200 anak yatim piatu yang dibina oleh Baznas, suatu saat terinspirasi dan bisa menjadi orang sukses  (ide)