13 April 2024

`

Arus Bawah PDIP Berharap HM Sanusi Tetap Jadi Bupati Malang 2024 – 2029

3 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Keberadaan HM Sanusi sebagai Bupati Malang, Jawa Timur, masih sangat dibutuhkan untuk keberlanjutan pembangunan. Meski hanya menjadi bupati selama 3,5 tahun (2020 – 2024), namun banyak hasil pembangunan yang dirasakan masyarakat. Bahkan banyak penghargaan yang diraih Kabupaten Malang. Karena itu tak heran jika arus bawah PDI Perjuangan berharap dia tetap menjadi Bupati Malang 2024 – 2029.

 

Kepala Desa Pujiharjo, Hendik Arso, saat menerima penghargaan dari Bupati Malang, HM Sanusi, belum lama ini.

 

HARAPAN ini disampaikan secara terpisah oleh Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjungan Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Hendik Arso, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Bantur, Ariadi Pranoto, dan Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Dau, Suwaji, Minggu (31/03/2024) siang.

Jalan di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang sempat rusak, akhirnya dicor beton oleh Bupati Malang, Sanusi, belum lama ini.

Menurut Hendik Arso, Bupati Malang, HM Sanusi masih sangat dibutuhkan untuk memimpin Kabupaten Malang. Karena, dengan waktu yang singkat, sudah banyak program yang berhasil dilaksanakan. “Contoh, jalan menuju tempat Desa Pujiharjo hingga Desa Sumbertangkil, sepanjang 3 kilometer X lebar 6 meter, sudah dibangun dengan sangat bagus. Bahkan dicor beton. Demikian juga program-program lainnya, juga sudah banyak yang dilaksanakan,” katanya.

Tidak hanya itu. Menurut Kepala Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo ini, respon HM Sanusi ketika ada kepala desa atau masyarakat yang telepon, sangat cepat, dan dia mau memperhatikan saran masyarakat. “Terhadap organisasi kepala desa seperti Papdesi, dia juga memperhatikan. Bahkan Ketika Papdesi menggelar rakercab, dia hadir secara langsung. Karena itu, saya secara pribadi berharap agar HM Sanusi tetap diusung dan terpilih menjadi Bupati Malang lagi,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Ketua PAC PDIP Kecamatan Bantur, Ariadi Pranoto. Menurutnya, memang secara struktural PDI Perjuangan sudah mempunyai mekanisme sendiri. Siapa pun yang direkom oleh DPP PDIP, itulah yang harus didukung dan diperjuangkan. “Namun terleps dari itu semua, soal siapa yang dicalonkan, khususnya Pak Sanusi, secara pribadi saya di Kecamatan Bantur, sangat mengapresiasi,” katanya.

Karena beberapa programnya memang sangat mengena di masyarakat. Dari sisi keagamaan, seperti subuh keliling (suling) sangat berpengaruh sekali, karena di setiap kecamatan ada suling. “Bahkan di Kecamatan Battur saja sudah dua kali, yakni di Desa Bantur dan Desa Rejosari. Masyarakat antusias mengikuti kegiatan ini, karena di situ terjalin hubungan harmonis tokoh- tokoh masyarakat, tokoh agama,” jelasnya.

Dari sisi pemerintahan, Pemkab Malang banyak mendapat award (penghargaan) dari pemerintah pusat. “Ini bukti Pak Sanusi berhasil memimpin Kabupaten Malang. Sedangkan dari sisi pembangunan, sepertinya Pak Sanusi ketiban apes, karena bersamaan dengan pandemi Covid 19, sehingga dana pembangunan banyak disedot untuk penanganan Covid 19. Namun secara umum sudah mulai nampak bagus,” jelas Ariadi Pranoto.

Dari sisi politik, masih kata Pranoto, khususnya di dapil tiga (Pagak, Donomulyo, Gedangan, dan Sumbermanjing Wetan), ada peningkatan perolehan kursi untuk PDI Perjaungan. “Jika pemilu 2019 lalu hanya dapat 1 (satu) kursi, pada pemilu 2024 ini naik menjadi 2 (dua) kursi dengan sisa suara 11 ribu lebih. Bahkan untuk tingkat Kabupaten Malang, perolehan suara naik sangat signifikan, dengan perolehan kursi sebanyak 13 kursi,” terangnya.

“Dari sisi partai politik, saya sebagai Ketua PAC PDI Perjuangan Bantur, sangat berterima kasih kepada HM Sanusi, karena memberikan fasilitas sepeda motor Vario dengan logo PDI Perjuangan. Karena itu, saya secara pribadi berharap agar HM Sanusi tetap didorong dan didukung menjadi Bupati Malang 2024 – 2029,” harapnya.

Harapan serupa juga disampaikan Ketua PAC PDI Perjungan Kecamatan Dau, Suwaji. Menurutnya, sebagai kader dan pengurus partai, dia berharap, pada pemilukada 2024 ini, calon yang diusung PDI Perjuangan dapat menang lagi.

“Dan, kalau ingin menang lagi, incumben ini (HM Sanusi) masih sangat bagus, baik di partai maupun di masyarakat. Karena itu kami secara pribadi berharap PDI Perjuangan tetap mencalonkannya lagi. Karena kalau bawa orang (calon) baru lagi, malah berat. Karena propgram- program Pak Sanusi sudah bagus, seperti bantuan untuk guru ngaji. Untuk partai juga bagus,” harapnya. (iko/mat)