25 Mei 2024

`

Anggota Damkar Evakuasi Sarang Tawon Lebah Madu

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Anggota pemadam kebakaran (damkar) Kabupaten Malang, mengevakuasi sarang  tawon lebah madu di rumah Suwita Ningsih, Dusun Krajan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (01/11/2022) siang, sekitar pukul 14.00 WIB.

 

Tim Damkar Kabupaten Malang bersama Suwita Ningsih setelah berhasil mengevakuasi sarang tawon lebah madu yang menggantung di atap rumah Suwita Ningsih, Dusun Krajan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur., Selasa (01/11/2022) siang, sekitar pukul 14.00 WIB.

 

Tim Damkar Kabupaten Malang harus naik ke atap dan menggunakan senter untuk mengevakuasi sarang tawon lebah madu yang menggantung di atap rumah Suwita Ningsih, Dusun Krajan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur., Selasa (01/11/2022) siang, sekitar pukul 14.00 WIB.

KEPALA Satpol PP Kabupaten Malang, Firmando H Matondang, menjelaskan,  pada Selasa  (01/11/2022) siang,  tiga petugas damkar, terdiri dari Maskur, Syavino, dan Wendy, sekitar pukul 13.30 WIB berangkat ke rumah Suwita Ningsih di Dusun Krajan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

Sarang tawon lebah madu menggantung di atap rumah.

“Menurut informasi yang didapat, di rumah ibu ini  ada  sarang tawon lebah madu yang menggantung di atap rumah. Ukurannya pun besar. Khawatir tawonnya menyengat penghuni rumah dan tetangga, akhirnya pemilik rumah menghubungi Tim Damkar, minta tolong untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut,” jelas Firmando, Selasa malam.

Selanjutnya Tim Damkar berkoordinasi dengan pemilik rumah  untuk menentukan titik lokasi sarang tawon berada. Tim juga memberikan sedikit edukasi tentang bahaya dan penanganan sengatan tawon  kepada warga.

Selanjutnya anggota tim menjangkau sarang tawon dengan peralatan sudah disediakan dan mengevakuasinya. Tak lupa, petugas mengenakan alat pelindung diri agar tak disengat tawon seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. “Akhirnya tim kami berhasil mengevakuasi sarang tawon itu dengan selamat dan lancar,” kata Mando.  (bri/mat)