16 Juni 2024

`

Angel dan Zein, Juara 1 Musabaqah Tartil Qur’an

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Fariza Angel Firdaus, mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, meraih juara 1 Musabaqah Tartil Qur’an putri, pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XVII, di kampus setempat, Minggu (02/06/2024). Sedangkan untuk kategori putra, dimenangkan mahasiswa Fakultas Peternakan, Zein Nur Muchammad.

 

Mahasiswa Fakultas Peternakan UB, Zein Nur Muchammad, meraih juara 1 Musabaqah Tartil Qur’an putri, pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XVII, Minggu (02/06/2024). (ist)

ANGEL, mahasiswa semester dua, sudah belajar tilawah sejak usia 5 tahun. Ia pun sering mengikuti kompetisi serupa sedari kecil. “Motivasi utama dalam berkompetisi berasal dari dukungan ustadzah saya. Karena barokah beliau dan Al Quran. Saya ikut lomba ini karena ada harapan semoga saya dipercaya untuk ikut MTQMN 2025 di cabang manapun,” ungkapnya, belum lama ini.

Untuk persiapan, Angel  tidak pernah lalai dalam latihan. Ia juga mengungkapkan rasa syukur kepada UB menyelenggarakan MTQ dengan sangat baik. “Alhamdulillah, rusan dispensasi diurusin oleh kaprodi. MTQ UB kemarin ada pembinaan empat kali per cabang, ada pembinaan akbar dari teknik. Semua cabang tampil di depan umum. Ada kritik dan saran dari pembina,” ceritanya.

Fariza Angel Firdaus, mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, meraih juara 1 Musabaqah Tartil Qur’an putri, pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XVII, Minggu (02/06/2024). (ist)

Mahasiswa asal Kediri ini menceritakan caranya menjaga motivasi selama mengikuti lomba.  “Perlombaan itu nggak boleh niat biar menang. Kalau kaya gitu. Itu namanya ambisius dan tidak dapat barokahnya Al Quran. Jadi kalau ikhlas maka akan mendapatkan barokahnya. Untuk mengikuti musabaqah selanjutnya, semoga hati dan niat saya terjaga terus,” harapnya.

Sementara itu, juara 1 putra Musabaqah Tartili Qur’an, Zein Nur Muchammad, juga sering mengikuti kompetisi serupa.  “Alhamdulillah, kalau ada event langsung ikut. Saya ingin membawa nama baik kampus, baik di kancah provinsi hingga nasional. Terakhir kali saya mengikuti event di MTQ movie yang ke-10. Alhamdulillah juara 1,” ceritanya.

Motivasi Zein untuk terus berkompetisi sangat kuat, didorong oleh keinginannya untuk membanggakan orang tua. “Yang pertama saya ingin membanggakan orang tua. Lalu timbul dari teman. Karena teman saya sering mengikuti event MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) di UB. Kemudian dia setor prestasi ke SIAM dan mendapatkan reward dari rektorat. Itu yang membuat saya semangat untuk giat belajar dan ikut lomba,” ujarnya. (div/mat)