22 April 2024

`

Alfamart Sumbang Ratusan Buku Bacaan

2 min read
“Bantuan buku ini adalah salah satu program Alfamart ikut mencerdaskan anak bangsa melalui budaya membaca buku bacaan. Kami berharap masyarakat makin rajin membaca, karena literasi menyebabkan wawasan dan pengetahuan makin bertambah."

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pengelola jaringan toko Alfamart, memberikan bantuan ratusan buku bacaan kepada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Malang Raya, Sabtu (17/09/2022).

 

Corporate Communications Regional Manager Alfamart, M Faruq Asrori, SH, menyerahkan bantuan buku tersebut kepada Santoso Mahargono, Ketua Forum Komunikasi Taman Baca Masyarakat Malang Raya (FKTBM) di kantor Cabang PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Malang, Jl. Raya Singosari Km 16, Kelurahan Losari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (17/09/2022).

 

CORPORATE Communications Regional Manager Alfamart, M Faruq Asrori, SH, menyerahkan  bantuan buku tersebut  kepada Santoso Mahargono,  Ketua Forum Komunikasi Taman Baca Masyarakat Malang Raya (FKTBM) di kantor Cabang PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Malang,  Jl. Raya Singosari Km 16, Kelurahan  Losari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (17/09/2022).

“Bantuan buku ini adalah salah satu program Alfamart ikut mencerdaskan anak bangsa melalui budaya membaca buku bacaan. Kami berharap masyarakat makin rajin membaca, karena literasi menyebabkan wawasan dan pengetahuan makin bertambah,” terang Faruq usai menyerahkan bantuan.

PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pengelola jaringan toko Alfamart, memberikan bantuan ratusan buku bacaan kepada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Malang Raya, Sabtu (17/09/2022).

Dia menambahkan, perusahaan memiliki program membantu taman bacaan, perpustakaan, dan komunitas pegiat literasi, melalui program Cooperate Social Responsibility (CSR) Alfamart. “Sebelumnya kita telah salurkan buku-buku bacaan ini di wilayah Kediri dan Jombang. Untuk  Malang Raya kami mengandeng Go Read,  komunitas para relawan penebar literasi ke khalayak ramai. Go Read sudah berdiri sejak tahun 2016,” katanya.

Karena sudah lama berdiri, masih kata Faruq, pastinya telah memiliki data base yang bagus soal perpustakaan dan taman bacaan yang membutuhkan donasi buku. “Untuk  buku bacaan yang kami sumbangkan, mulai mata pelajaran umum, sastra, phisikolgi,  dan lifestyle,” ucapnya.

Santoso Mahargono,  pustakawan muda di Malang sekaligus Ketua Go Read yang tergabung dalam. Forum Komunikasi Taman Baca Masyarakat (FKTBM) Malang Raya,  mengapresiasi donasi ratusan buku dari Alfamart.

“Go Read adalah satu program sukarelawan dari beberapa pengelola Taman Baca Masyarakat (TBM) yang tergabung di Forum Komunikasi Taman Bacaan Masyarakat (FKTBM) se Malang Raya. Tugasnya paling utama menerima dan mengambil bantuan buku atau hibah buku dari masyarakat. Rencananya,  bersama sekitar 15 relawan Go Read,  akan membagikan buku-buku tersebut ke sejumlah taman bacaan di Malang Raya,” katanya.

Santoso Mahargono  menambahkan, setidaknya ada 70 an taman bacaan dan perpustaan yang perlu pasokan buku-buku literasi. “Banyak pengelolah taman bacaan yang memerlukan donasi buku, karena untuk membeli sendiri harganya relatif mahal.  Jika ada penyumbang buku di Malang Raya ingin  memanfaatkan layanan program Go Read,  dapat menghubungi 081235707676,” tukasnya.

Santoso menjelaskan,  keberadaan taman bacaan  sangat penting untuk menjadi pemicu kesadaran masyarakat agar makin giat membaca buku. “Makanya kami yang menjemput bola, dengan banyak mencarikan relasi seperti Alfamart ini. Selanjutnya kami yang menyebarkan ke taman bacaan,” pungkasnya. (div/mat)