23 April 2024

`

538 Mahasiswa Daftar PPM di IBU

1 min read
" Dari kuota yang diberikan, pendaftarnya sudah lebih. Ini berarti minat kuliah di IBU luar biasa. Untuk itu dilakukan seleksi. Semuanya dilakukan oleh Kementrian Ristek. "

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Antusias mahasiswa dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) sangat tinggi. Dari kuota 440 mahasiswa yang diberikan kepada IKIP Budi Utomo (IBU), Malang, Jawa Timur, sampai sekarang pendaftarnya telah mencapai 538 orang.

 

Rektor IKIP Budi Utomo (IBU), Malang, Jawa Timur, Dr. Nurcholis Sunuyeko, M.Si, bersama mahasiswa peserta PMM angkatan 1, beberapa waktu lalu.

 

REKTOR IKIP Budi Utomo (IBU), Dr. Nurcholis Sunuyeko, M.Si, menerangkan, minat mahasiswa memang tinggi untuk kuliah di IBU, termasuk di program PMM angkatan 2. “Dari kuota yang diberikan, pendaftarnya sudah lebih. Ini berarti minat kuliah di IBU luar biasa. Untuk itu dilakukan seleksi. Semuanya dilakukan oleh Kementrian Ristek,” terangnya, Kamis (29/06/2022).

Pertukaran mahasiswa itu, lanjut Rektor  IBU, berasal dari seluruh perguruan tingggi di Indonesia. Proses seleksi telah dimulai sejak awal Februari 2022. Materi seleksi meliputi survey kebhinekaan dan administrasi. “Hingga saat ini, proses seleksipun, masih berlangsung,” ujarnya.

Dengan jumlah tersebut, masih kata Nurcholis, IBU telah masuk 10 besar di Indonesia. Ini membuktikan, kurikulum dan proses belajar di IBU unggul, sehingga diminati mahasiswa Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. “Karena di IBU, mulai dosen, kurikulum mitodologi pengajaran, serta atmosfir akademik, tata kelola perguruan tinggi, unggul. Mendukung untuk memberikan pengalaman belajar dalam rangka pengembangan kampus merdeka,” lanjutnya.

Dia menambahkan, Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini dalam bentuk pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dilaksanakan selama satu semester. Perkuliahan dimulai  29 Agustus 2022. “Sebelumnya, di PMM angkatan pertama, program ini diikuti 270 mahasiswa,” ujarnya.  (aji/mat)