13 April 2024

`

47 Peserta UKW PWI Malang Raya Lulus

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) benar-benar  menjaga kualitas Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Sebab, kegiatan ini bukan acara ceremonial, tapi menyaring wartawan yang benar-benar kompeten, yang profesional.  Buktinya, dari 48 peserta yang mengikuti UKW yang diselenggarakan PWI Malang Raya di Kampus C IKIP Budi Utomo, Jl. Citandui No.46, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, sejak Sabtu (18/09/2021) hingga Selasa (21/09/2021), ada satu peserta yang gagal seleksi.

 

Peserta UKW, panitia, dan para penguji usai penutupan UKW di PWI Malang Raya.

 

“UKW ini bukan acara ceremonial. Tapi untuk menyaring wartawan yang benar-benar kompeten. Materi ujian yang dilaksanakan oleh para asesor (tim penguji) sudah sesuai dengan modul dari Dewan Pers dan PWI pusat. Sehingga, hasil UKW  di Malang Raya ini, dari 48 peserta, ada 1 orang yang belum bisa menyelesaikan ujian, sehingga bisa mengulang di kesempatan berikutnya,” kata Djoko Tetuko, salah satu asesor.

Dewan Pembina PWI Malang Raya, Dr. Nurcholis yang juga Rektor IKIP Budi Utomo, Malang (baju merah, bertopi), bersama perwakilan peserta UKW setelah menerima sertipikat sebagai peserta UKW.  

Ketua  PWI Malang Raya, Cahyono, menjelaskan, pada UKW gelombang pertama di tahun 2021 ini, terbagi menjadi dua angkatan, yakni angkatan 33 dan 34, dengan total 48 peserta. Rinciannya, jenjang muda 5 kelas, madya 2 kelas,  dan utama 1 kelas. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselengaranya acara ini, sehingga sampai dengan penutupan hari ini acara berjalan lancar,” katanya, saat penutupan UKW,  Selasa (21/09/2021) siang.

Ketua PWI Jawa Timur, Ainur Rohim, memberikan sambutan saat penutupan UKW.

Cahyono menambahkan, sebanyak 47 peserta  UKW yang  lulus, otomatis  menjadi anggota  PWI Malang Raya yang baru. “Karena itu saya berpesan agar selalu menjaga marwah PWI sebagai organisasi wartawan yang besar dan selalu mengedepankan kode etik jurnalistik,” tegasnya seraya menambahkan bagi wartawan yang  belum mengikuti UKW gelombang pertama ibisa mengikutinya di gelombang kedua, Desember mendatang.

Sementara itu, Ketua PWI Jawa Timur, Ainur Rohim mengapresiasi langkah PWI Malang Raya karena sudah menggelar UKW dan mampu menghasilkan wartawan yang kompeten. ” Terima kasih kepada pengurus PWI Malang Raya, yang sudah ikut andil menciptakan wartawan kompeten dan profesional. Dan PWI Malang Raya ini paling menonjol di Jawa Timur,”  tuturnya.

Ainur Rohim mengungkapkan, di era sekarang ini, kompetensi dan profesional menjadi tuntutan yang luar biasa bagi wartawan. ” Di era ini, kompetensi dan profesional menjadi tuntutan yang luar biasa bagi wartawan. Sehingga hal ini sangat diperlukan,” pungkasnya. (div/mat)