20 Mei 2024

`

400 Mahasiswa Ikuti Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka

3 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebanyak 400 peserta dari 48 perguruan tinggi mengikuti Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka (AWMM) di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Senin (28/08/2023) siang.

 

Sebanyak 400 peserta dari 48 perguruan tinggi mengikuti Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka (AWMM) di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Senin (28/08/2023) siang.

 

MOHAMMAD Iqbal, S.Sos, MIB,DBA,CPM, (Asia), Ketua Pelaksana AWMM, menjelaskan, pada 2023 ini Universitas Brawijaya kembali terpilih menjadi penyelenggara Program Wirausaha Merdeka (WMK) angkatan kedua. “Perlu diketahui, pada AWMM 2022, UB menghasilkan 979 alumni yang berasal dari seluruh nusantara dengan 273 ide bisnis,” katanya.

Tidak sedikit bisnis yang dikembangkan oleh alumni AWMM 2022 yang berhasil bersaing dalam skala nasional. Capaian yang diraih pada angkatan pertama menjadi spirit dan konsistensi pelaksana AWMM 2023 untuk menghasilkan ratusan wirausaha masa depan Indonesia.

AWMM angkatan kedua ditujukan kepada mahasiswa seluruh Indonesia. AWMM UB 2023 menjadi salah satu kampus pelaksana program wirausaha merdeka yang paling diminati. Adapun jumlah pendaftar mencapai 680 mahasiswa yang tersebar dari 50 perguruan tinggi di Indonesia. Jumlah mahasiswa peserta yang terkonfirmasi dan terdaftar berjumlah 400, dengan 312 peserta mengikuti secara luring dan 88 peserta secara daring.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor V Bidang Riset dan Inovasi Prof.Dr. Unti Ludigdo, SE.,MSi.,Ak. Hadir saat acara jajaran pimpinan UB, perwakilan mitra bisnis, perwakilan Kemdikbud Ristek, mitra perguruan tinggi, dosen pembimbing lapang dari perguruan tinggi mitra.

Prof. Unti Ludigdo menuturkan bahwa kehadiran industri dan pemerintah sangat strategis dalam program wirausaha mahasiswa sehingga dapat di hilirisasi sampai industri. Kegiatan AWMM, ini juga akan terrekognisi 20 sks sebagai bentuk kontribusi nyata UB dan perguruan tinggi lain, kelak menjadi pilar perkembangan bangsa.

“Semoga mahasiswa dapat menjalankan amanat dari program ini, karena AWMM ini merupakan kesempatan emas menjadi salah satu yang terbaik di negeri ini. Kegiatan ini juga selaras dengan apa yang kami bangun di UB, yaitu ekosistem inovasi, riset dan wirausaha UB. Kami target mahasiswa kami kelak menjadi wirausaha,” ujar Warek V UB.

Mohammad Iqbal, S.Sos, MIB.,DBA.,CPM (Asia) selaku ketua pelaksana AWMM menjelaskan bahwa program ini dari Kemendikbud Ristek untuk membangun jiwa entrepreneur di kalangan mahasiswa. Hasil dari kegiatan yang diharapkan berupa prototipe bisnis yang dapat diterima masyarakat.

Terkait rekognisi 20 SKS dijelaskannya bahwa itu dilakukan selaras dengan berbagai mata kuliah dari jurusan mahasiswa yang dapat diakui sebagai kegiatan wirausaha ini. Totalnya 20 sks, di injeksi di dalam transkrip akademik mahasiswa.

“Dalam program ini, mahasiswa yang punya bisnis diberi dana prototipe dengan rata-rata 3 juta per kelompok. Indikator keberhasilannya nanti terlihat ketika mereka jadi wirausahawan sesungguhnya. Mereka tidak hanya tampil saja, tapi betul betul jadi mengisi target sebagai pengusaha,” kata ketua pelaksana yang juga dosen UB ini.

Program AWMM UB 2023 ditargetkan akan menghasilkan lulusan yang memahami karakter kewirausahaan, menerapkan manajemen usaha efektif. Selain itu, diharapkan dapat membangun ide bisnis kreatif dari berbagai lintas disiplin ilmu, mendemonstrasikan inovasi dan ide bisnis kreatif, serta mampu mengevaluasi ide bisnis dan menyusun rencana bisnis berkelanjutan.

Pada acara ini dilakukan opening speech oleh Gamaliel Alexander Emil Waney, MBA selaku Ketua Wirausaha Merdeka Tahun 2023. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian arahan secara online Menteri Dikbudristek Nadiem Anwar Makarim, BA.,MBA.  Berikutnya sambutan rektor UB Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.

Sementara itu, sesi talk show entrepreneur knowledge menghadirkan Shandy Aditya, BIB.,MPBS. dan Adrian Bany Kansil, S.E dari Tim Power WMK 2023 serta Dr. Andromeda Qomariah, M.M. selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur.

Sesi Talk Show dipimpin oleh Adzra Imtiyas Asrin sebagai moderator sesi. Berikutnya Sesi Materi Entrepreneur Motivation untuk memberikan pemahaman mendalam tentang esensi kewirausahaan serta mendorong semangat dan sikap positif yang diperlukan dalam menjalankan bisnis.

Dalam sesi ini, peserta diajak untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, mengatasi tantangan, dan mengambil risiko yang terkendali saat menjadi wirausaha. Peserta diharapkan mendapatkan wawasan tentang memulai sebuah bisnis, merencanakan ide bisnis, mengidentifikasi peluang pasar, strategi pemasaran, manajemen waktu, dan pentingnya inovasi.

Sesi ketiga disampaikan secara luring oleh Karolus Danar Kurniawan selaku CEO carabicara. Terakhir adalah sesi talkshow bersama alumni berisi kegiatan diskusi panel yang menghadirkan narasumber yang berasal dari alumni AWMM UB 2022. Acara sesi sharing kewirausahaan bersama alumni juga sebagai ruang untuk memberi kesempatan bagi peserta membangun jaringan dengan alumni. (Div/mad)