13 April 2024

`

400 Desa/Kelurahan Ikuti Lomba Desa dan Kelurahan 2023

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebanyak 400 desa/kelurahan se Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengikuti Lomba Desa dan Kelurahan 2023.  Bupati Malang,  Drs. HM Sanusi, MM, membuka Awarding Ceremony Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (20/03/2023) malam. 

 

Bupati Malang, HM Sanusi, menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (20/03/2023) malam.

BUPATI Malang, HM Sanusi, menjelaskan, lomba ini untuk mengetahui efektivitas perkembangan desa/kelurahan, baik dalam hal kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, maupun daya saing desa. “Indonesia tidak akan besar karena obor di Jakarta, tetapi Indonesia akan bercahaya karena lilin-lilin di desa,” katanya mengutip pidato Wakil Presiden RI pertama, Bung Hatta.

Mantan Wakil  Bupati Malang ini menambahkan,  untuk mencapai tujuan otonomi daerah,  pemberdayaan desa menjadi kunci penting  sekaligus benang merah yang harus dirajut semua pihak. Karena suksesnya pembangunan di desa juga akan menentukan keberhasilan pembangunan secara keseluruhan. “Karena itu Pemerintah Kabupaten Malang berupaya terus mendorong partisipasi seluruh pemangku kebijakan hingga akar rumput,” tegasnya.

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (20/03/2023) malam.

Untuk  mengoptimalkan berbagai kearifan dan  potensi desa, Pemkab Malang —dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)— menggelar Lomba Desa dan Kelurahan tahun 2023. “Fokus lomba ini adalah untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat desa melalui penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas dan partisipasi masyarakat, serta penanggulangan kemiskinan berbasis kemandirian sekaligus pemberdayaan masyarakat desa,” jelasnya.

Bupati Malang menjelaskan, lomba ini  bukan kompetisi untuk mencari yang terbaik, tetapi suatu metode untuk membangkitkan semangat semua desa agar mampu menunjukkan kinerja terbaiknya. Karena pada dasarnya Pemerintah Kabupaten Malang  tidak hanya menginginkan beberapa desa/kelurahan saja yang maju, tapi  semuanya harus maju dan sejahtera.  (bri/mat)