23 Februari 2024

`

4 Kelurahan Dapat Penghargaan dari BPJS

1 min read

Plt Ingin 100 Persen Jadi Anggota BPJS

 

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – 4 kelurahan di Kota Malang, Kelurahan Klojen, Kelurahan Blimbing, Kelurahan Kesatrian, dan Kelurahan Wonokoyo mendapat apresiasi dan penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Wilayah Jatim. 

 

 

Plt Walikota Malang, Sutiaji usai rapat koordinasi dengan BPJS serta Dinas Kesehatan.

KEEMPATNYA, sudah memenuhi Universal Health Coverage (UHC) melalui program Desa JKN. Salah satu indikatornya adalah, tingkat kepesertaan yang tinggi.

“Selain dari segi kepesertaan, indikator lain adalah dari segi pelayanan kesehatan dan kolekting iuran,” tutur Handaryo, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jatim, saat Rakor di ruang sidang Balaikota Malang, Senin (13/8/2018).

Ia berharap, dengan penghargaan ini dapat memotivasi kelurahan lain untuk membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Apresiasi yang diberikan kepada Lurah, bisa membuat Lurah yang lain tertarik. Tanggung jawab pimpinan wilayah, adalah membantu memastikan rakyatnya mengakses pelayanan kesehatan.

“Dengan jumlah penduduk saat ini 851.298 orang, terdata sudah terintegrasi JKN di Kota Malang sebanyak 611.999 orang (71,89 persen),” lanjutnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Malang, Sutiaji mentargetkan, kepesertaan BPJS akan bisa mencapai 100 persen, di tahun 2020.

Saat ini banyak masyarakat yang belum mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

“Kendala mereka sebenarnya adalah operasional uang. Masih adanya masyarakat sakit, tidak bisa berobat alasannya tidak menjadi peserta BPJS.

Untuk itu, sebagai pemahaman, dilakukan penganggaran dan dilaksanakan rapat koordinasi dengan pemateri dari BPJS secara langsung,” tuturnya.

Dengan begitu, lanjut Sutiaji, nantinya bisa diketahui, mana-mana yang bisa di cover oleh BPJS kelas di setiap kelasnya. (ide)