20 Mei 2024

`

300 TNI/Polri Back Up OJK Cegah Penipuan Online

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng TNI/Polri untuk mengantisipasi penipuan online serta kejadian lain di masyarakat. Untuk itu, OJK memberikan training of trainer (ToT) kepada 110 Babinsa dan 200 Bhabinkamtibmas se Kota Malang, di Hotel Mercurey, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (06/06/2023).

 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng TNI/Polri untuk mengantisipasi penipuan online serta kejadian lain di masyarakat. Untuk itu, OJK memberikan training of trainer (ToT) kepada 110 Babinsa dan 200 Bhabinkamtibmas se Kota Malang, di Hotel Mercurey, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (06/06/2023).

 

Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri, memberikan cindera mata kepada pimpinan TNI/Polri di Malang.

“NANTINYA, para trainer tersebut bisa menjadi kepanjangan tangan OJK dalam melakukan sosialisasi literasi, khususnya dalam upaya antisipasi penipuan online, tidak terjebak pinjol, serta kejadian lain di masyarakat,” terang Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri, di sela- sela pelatihan.

Dia menambahkan, OJK berkolaborasi dengan Polresta Malang Kota serta Kodim 0833/ Kota Malang, sebagai salah satu lembaga penegak hukum. “Babinsa dan Bhabinkamtibnas mempunyai wilayah sampai kelurahan. Mereka berada di setiap kelurahan. Mereka bisa menjadi garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat yang senantiasa berinteraksi dengan masyakarat. Sementara kami, hanya sesekali saja,” jelas Sugiarto.

Sementara itu, Wakapolresta Malang Kota, AKBP Apip Ginanjar, menyambut baik kegiatan ini, karena bisa meminimalisir penipuan. “Tentunya, dengan acara ini, para peserta, baik Bhabinkamtibmas maupun Babinsa, mempunyai pengetahuan tentang kemungkinan kejadian yang bisa merugikan. Misalnya, terkait pencegahan penipuan online dan lainya,” terangnya. (aji/mat)