13 April 2024

`

2.955 Peserta Diterima Jadi Mahasiswa UM

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebanyak 2.955 peserta yang mengikuti ujian masuk perguruan tinggi dinyatakan diterima menjadi mahasiswa baru Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur, tahun akademik 2024-2025. Informasi ini berdasarkan pengumuman SNBP 2024, Selasa (26/03/2024) pukul 15.00 WIB.

 

Rizky Firmansyah

PENGUMUMAN dapat dilihat melalui laman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (SNPMB BPPP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

kepala Sub Direktorat Seleksi UM, Dr. Rizky Firmansyah, SE, MSA, CSRS, CAP, CRA, dalam pers rilis yang diterima redaksi tabloidjawatimur.com, Minggu (31/4/2024) menjelaskan, bagi calon mahasiswa baru (camaba) yang diterima pada SNBT dan telah melakukan registrasi ulang, tidak dapat mendaftar lewat jalur mandiri di PTN manapun.

“Sederhananya, kalau sudah diterima di jalur SNBP maupun SNBT, kesempatan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di jalur mandiri akan tertutup. Karena itu camaba agar segera melakukan registrasi ulang setelah diterima jalur SNBT serta lebih berhati-hati dalam memilih prodi,” pesannya.

Rizky mengatakan, pilihan prodi di UM tahun ini semakin beragam, karena tahun ini terdapat tiga prodi baru, S1 kedokteran, S1 kebidanan, dan S1 keperawatan. Sedangkan daya tampung UM mahasiswa baru melalui jalur SNBT sebanyak 3.622 orang. “Peminat jalur masuk SNBP di UM tahun ini sejumlah 27.380 peserta. Jumlah ini tergolong tinggi jika dibandingkan tahun sebelumnya. Sejumlah 2.955 peserta lolos jalur SNBP dan menjadi mahasiswa baru di UM tahun akademik 2024-2025. Peserta yang lolos seleksi SNBP diharapkan registrasi ulang di laman http://registrasi.um.ac.id,” terangnya.

Bagi peserta yang belum lolos di jalur masuk SNBP tidak perlu berkecil hati. Sebab kini telah dibuka pendaftaran masuk UM melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Jalur ini resmi dibuka pada 21 Maret – 5 April 2024. Pada jalur masuk ini para peserta akan mengikuti proses seleksi secara nasional melalui Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK).

Pelaksanaan tes UTBK-SNBT dibagi menjadi dua gelombang, per gelombangnya selama 7 hari dan per hari dilakukan 2 sesi. Gelombang pertama dilaksanakan pada 30 April 2024 dan 2-7 Mei 2024. Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada 14 – 20 Mei 2024.

Pada jalur masuk UTBK-SNBT setiap peserta bebas memilih program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi dan/atau PTKIN. Setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri dari 2 (dua) pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 (dua) pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan). “Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan,” kata Rizky. (div/mat)