29 November 2023

`

122 Mahasiswa Dari 52 PT Berlaga di Satria Data

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebanyak 122 mahasiswa dari 52 perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN/PTS) di seluruh Indonesia, mengikuti lomba Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) 2023 di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Selasa (22/09/2023) siang.

 

Tim basket putri SMAN 3 Kota Malang, saat mengikuti kompetisi basket antar pelajar Honda DBL (Developmental Basketball League) with Kopi Good Day 2023 East Java Series-South Region di Gelanggang Olahraga (GOR) Bimasakti, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (07/08/2023)

 

SATRIA DATA merupakan ajang untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang statistika dan sains data. “Agenda ini merupakan final Satria Data tahun 2023 yang dihelat oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Ini kegiatan ke-6. Di sini ada workshop, seminar nasional, dan final kompetisi. Finalnya diadakan Selasa (22/08/2023),” kata Chomsin S. Widodo, MSi., P.hD, Ketua Panitia Satria Data 2023, saat jumpa media, Selasa (22/09/2023) siang.

Chomsin S. Widodo, menambahkan, kompetisi ini terdiri atas empat kategori lomba, yaitu National Statistic Competition (NSC), Statistical Infographic Competition (SIC), Statistical Essay, dan Big Data Challenge (BDC). Pada laga ini, UB mengirimkan lima finalis.  “Kami yakin mereka semangat karena tampil di UB. Kita ada wakil di semua divisi,” katanya.

Rektor UB, Prof. Widodo mengapresiasi penunjukkan UB sebagai tuan rumah. Dengan adanya talenta bidang data dan statistik, akan menjadi anugerah bagi UB. “Kita buka lebar tangan kita agar talenta ini bisa betah dan melanjutkan studi di pascasarjana UB. Saya lihat dengan talenta yang bagus ini mereka jadi pemimpin Indonesia di semua bidang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Asep Sukmayadi, mengatakan, kegiatan ini menjadi implementasi dalam amanat pembangunan untuk SDM unggul dan berdaya saing bidang riset dan inovasi. Data sains ini menjadi salah satu ajang dari 18 ajang di perguruan tinggi. “Kita memberi kesempatan mahasiswa untuk mengaktualisasikan diri melalui kompetisi dan minat di bidang statistik,” katanya. (aji/mat)