TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Kepala Bagian Akademik UIN Malang, Imam Ahmad.

Yang Hafal Al-Qur’an, Kuliah Gratis di UIN Malang

Kepala Bagian Akademik UIN Malang, Imam Ahmad.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Jawa Timur, membuka program Beasiswa Teladan tahun 2021 bagi yang hafal Al-Qur’an 30 juz dengan baik. Tahun ini, UIN menyediakan kuota 60 mahasiswa.

 

SELAIN itu, calon pendaftar juga harus mampu dalam Qira’atul Kutub, hafal Alfiyah Ibnu Malik, dan atau Uqudul Juman. Bila memenuhi syarat tersebut,  calon mahasiswa  dapat melanjutkan studi di UIN Maliki Malang secara gratis hingga selesai studi.

Kepala Bagian Akademik UIN Malang, Imam Ahmad, menjelaskan, UIN Maliki telah menyiapkan kuota Beasiswa Teladan  untuk 60 orang calon mahasiswa. “Jadi,  kita beri beasiswa full.  Mulai awal hingga akhir tidak kita pungut biaya sama sekali,” katanya,  Selasa (16/02/2021).

Imam menjelaskan, Beasiswa Teladan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mereka yang telah mempunyai hafalan Al-Quran 30 juz secara sempurna, mampu Qira’atul Kutub, dan telah hafal Alfiyah Ibnu Malik dan/atau Uqudul Juman, serta mampu memberikan motivasi dan semangat anak bangsa untuk terus berprestasi.

“Untuk jadwal pendaftaran, mahasiswa bisa mengakses laman website pmb.uin-malang.ac.id, ” ujarnya.

Kemudian, calon pendaftar mengunggah berkas pada sistem pendaftaran. Dokumen yang dibutuhkan di antaranya, pas foto terbaru, sertipikat, permohonan melakukan cetak bukti pendaftaran, calon mahasiswa harus membawa berkas pendaftaran asli ketika akan melakukan seleksi

Setelah pendaftaran, akan berlanjut ke proses seleksi yang akan dilakukan secara virtual selama empat hari, mulai tanggal 5 hingga 8 April 2021. Materi seleksi terdiri dari tes tulis potensi dan prevensi,  serta tes interview secara online. Kemudian, konfirmasi prestasi yang mereka miliki dan konfirmasi terhadap kesanggupan mereka dalam menyelesaikan studi. (div//mat)