TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Ada layanan perahu dan speedboad di Waduk Selorejo, Ngantang, Kabupaten Malang.

Wisata Waduk Selorejo Buka Kembali

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Setelah sempat ditutup beberapa bulan sejak merebaknya Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Taman Wisata Air Waduk Selorejo di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali beroperasi, September 2020, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Ada layanan perahu dan speedboad di Waduk Selorejo, Ngantang, Kabupaten Malang.

 

DARI HASIL pantauan wartawan tabloidjawatimur.com, Sabtu (21/11/2020) siang, sejumlah wisatawan tampak mulai berdatangan di taman wisata air yang dikelola Perum Jasa Tirta 1 (PJT 1) ini. Mereka tampak menikmati berbagai fasilitas yang disediakan pengelola, seperti perahu, speedboad, warung dengan menu khas waduk, dan sebagainya.

Ada permainan berkuda di Waduk Selorejo, Ngantang, Kabupaten Malang.

Manajer Pariwisata Selorejo, Bayu Pramudya, menjelaskan,  untuk mencegah penyebaran COVID 19, pihaknya sudah menyiapkan tempat cuci tangan, handsanitizier, baik di restoran, hotel, dan di beberapa sudut wisata lainnya. “Di setiap pintu masuk kamar hotel juga kami siapkan sarana cuci tangan,” katanya, Sabtu (22/11/2020) siang.

Tidak hanya itu. Bagi pengemudi perahu, dilengkapi masker dan face shield.  Penumpang perahu pun dibatasi. Sedangkan di pintu masuk lokasi pariwisata, ada pengukuran suhu tubuh dan wisatawan harus mengisi buku tamu.

Menurut Bayu, Wisata Selorejo sudah dibuka sejak awal September 2020. “Tentunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti yang dianjurkan pemerintah. Bekerjasama dengan Forum Jurnalis Kali Brantas (FJKB), kami berharap dapat menggairahkan kembali Wisata Selorejo, karena  sejak munculnya COVID  19, wisata ini sempat tutup. Bahkah mati suri hingga beberapa bulan lamanya,” ujarnya.

Karena  tidak ada aktivitas wisata, masih kata Bayu, jelas mempengaruhi pendapatan. Padahal biaya operasional tetap berjalan. “Karena itu, kehadiran media bisa menyebarluaskan kepada masyarakat bahwa kami sudah beroperasi kembali. Beberapa wahana wisata  mulai dikunjungi,” katanyanya.

Menurut Bayu, selain memberikan promo, guna menarik pengunjung, disiapkan paket camping, paket perahu, hingga sekolah berkuda.

Sementara itu, Muchammad Afrizal Akbar S.I.Kom dari FJKB menerangkan, pihaknya telah bemitra dengan PJT 1, pengelola Waduk Selorejo sejak 2015. “Kami saling support untuk informasi. Apalagi dengan hadirnya media, akan bisa menyampaikan kepada masyarakat luas,” terangnya. (aji/mat)