Wisata Air Dempok Sisi Lain Bendungan Karangkates

Oleh: Moh. Mufid – Malang

Liburan Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017 M, membawa berkah bagi nelayan di kawasan wisata Dempok, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Selama liburan, pendapatan mereka naik berlipat-lipat, karena banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Nelayan membersihkan ikan yang akan dibeli.

Maesaroh (45), wanita yang sehari-hari mencari dan berjualan ikan di kawasan wisata Dempok mengatakan, pada hari-hari biasa, tingkat penjualannya tak seberapa. “Paling laku 4 – 5 kg ikan sehari. Tapi pada liburan lebaran tahun ini, bisa lebih banyak. Lakunya bisa dua kali lipat,” katanya.
Harganya pun cukup mahal. Untuk ikan mujaer, dijual sekitar Rp 30 ribu/kg dengan berbagai ukuran. Kalau bisa menawar, harganya bisa turun menjadi Rp 25 ribu/kg. Bahkan, bila perlu, para pembeli bisa langsung minta tolong dibersihkan sekalian (dibeteti), sehingga ketika sampai rumah, ikannya tinggal dibumbui dan dimasak.
Bagi para wisatawan, harga sebesar itu bukan masalah. Yang penting mereka pulang dapat oleh-oleh ikan. “Lumayan, dapat dibuat masak besok. Ini sekalian buat oleh-oleh. Karena daerah ini kan terkenalnya ikan. Katanya di sini banyak ikan, tempatnya enak dan sejuk, makanya saya dan keluarga ke sini,” kata Junaedi (30), asal Bunul, Kota Malang yang sehari-hari bekerja sebagai sales obat di Kota Kediri.
Menurut nelayan, dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke wisata Dempok, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, mereka tak perlu repot-repot menjual ikan ke luar desa atau ke tepi jalan. Cukup berdiam di te-pian Bendungan Karangkates tersebut, ikan mereka sudah laku terjual.
Namun keramaian wisata air ini tak setiap hari. Hanya hari-hari tertentu saja para wisatawan berbondong-bondong ke sini. Selain lokasinya berdekatan dengan Bendungan Karangkates, tempatnya juga sejuk, karena banyak ditumbuhi pohon besar. Selain itu, di sekitar waduk juga banyak warung yang menyajikan menu khas ikan, baik yang digoreng, dibakar maupun disayur pedas.
Seperti Senin (3/7) siang, sekira pukul 13.00 WIB, bertepatan dengan jam istirahat, sejumlah pegawai Pemkab Malang yang berkantor di Kepanjen, berbondong-bondong ke tempat ini untuk makan siang sekaligus silaturahmi setelah libur panjang.
Kawasan wisata air Dempok adalah bagian dari Bendungan Karangkates terletak di Kecamatan Sumberpucung, 40 Km arah selatan Kota Malang. Di bendungan ini, para pengunjung bisa menikmati keindahan danau buatan sembari berperahu atau pun memancing.
Bendungan Karangkates atau biasa disebut Bendungan Sutami terletak di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung. Air dari bendungan ini berasal dari sungai Brantas dan telah dibangun sejak tahun 1975-1977 dan digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
Selain digunakan sebagai PLTA, bendungan ini telah menjadi salah satu obyek pariwisata di Malang dan telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti wahana olah raga dayung, tempat pemancingan ikan, lapangan tenis hingga lapangan golf.
Wisata Karangkates mempunyai dua lokasi taman wisata, yaitu taman wisata Karangkates yang terletak di sebelah utara bendungan Sutami dan taman wisata Bendungan Lahor yang terletak di sebelah selatan Bendungan Lahor.*