Website PPDB Bermasalah, Orang Tua Siswa Datangi Dinas Pendidikan

Petugas kepolisian berjaga saat puluhan orang tua siswa mendatangi kantor Dinas Pendidikan Kota Malang, karena website PPDB bermasalah.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM Puluhan orang tua siswa mendatangi kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang, Jawa Timur, di Jl. Veteran, depan kampus Universitas Brawijaya, Selasa (02/06/2020) pagi, karena website Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online jalur zonasi yang dibuka mulai Selasa (02/06/ 2020) mengalami masalah.

 

TANPA memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 (jaga jarak), mereka berkerumun di depan pagar gerbang kantor Dinas Pendidikan Kota Malang. Untuk menghindari penyebaran COVID-19, petugas melakukan pengecekan suhu tubuh, dan  menyemprotkan antiseptik ke tangan para orang tua.

Puluhan orang tua siswa mendatangi kantor Dinas Pendidikan Kota Malang, karena website PPDB bermasalah.

“Titik rumah saya di website itu berubah. Rumahnya di Dinoyo (Kecamatan Lowokwaru),  tapi titiknya di Buring (Kecamatan Kedungkandang). Otomatis tidak bisa mengakses sekolah yang dekat rumah,” terang salah seorang wali siswa, Nur Huda.

Nur Huda datang sejak pagi ke kantor Dinas Pendidikan Kota Malang untuk mengadukan permasalahan PPDB online yang bermasalah.  Para orang tua membawa berkas dokumen, seperti kartu keluarga, akta kelahiran, KTP, hingga surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang.

Beberapa saat kemudian, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang,  Totok Kasiyanto menemui para orang tua. Ia menjelaskan, server dan sistem PPDB online telah berjalan lancar menjelang siang hari.

“Bapak ibu,  silahkan langsung ke sekolah yang dituju masing-masing. Nanti di sana akan dilayani. Pak Wali (Wali Kota Malang, Sutiaji), Kepala Dinas Pendidikan, dan saya sudah perintahkan untuk melayani,” terang Totok. (ide/mat)