Wabup Gelar Kunjungan ke Pantai Malang Selatan

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM menggelar kunjungan ke sejumlah pantai andalan di wilayah pesisir selatan Kabupaten Malang, Kamis (6/12) siang. Pak Sanusi, sapaan akrab Wabup ingin mengetahui secara langsung perkembangan terkini dan potensi yang ada dari masing-masing tempat wisata. Hal ini sebagai salah satu langkah mewujudkan tiga prioritas pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Malang.

 

 

Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM saat meninjau Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sendangbiru.

WABUP yang didampingi istri, Hj. Anis Sanusi mengawali kunjungan ke Pantai Ngudel yang terletak di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan. Pak Sanusi tampak menikmati suasana sejuk dibawah pohon cemara udang yang tertanam rapi juga menjadi andalan dari pantai ini selain view pantai yang indah. Wabup juga ngobrol gayeng bersama beberapa kepala OPD serta Camat dan Kepala Desa setempat.

Pak Sanusi kemudian melanjutkan kunjungan ke Pantai Nganteb yang terletak di Desa Tumpak Rejo, Kecamatan Bantur. Didampingi Camat dan Kepala Desa setempat, Pak Wabup menyampaikan ingin memompa potensi pantai yang pernah menjadi tempat pemecahan rekor MURI Tari Bapang sebanyak lima ribu penari tahun 2017 lalu ini.

”Tujuan dan target dari kunjungan ini adalah dalam upaya percepatan mengentaskan kemiskinan dengan meningkatkan perekonomian melalui penggalian potensi yang ada. Serta, masyarakat setempat harus turut serta meningkatkannya dengan cara ikut diberdayakan,” ujar Pak Sanusi kepada awak Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Malang di akhir kegiatan.

Wabup ingin ada nilai tambah dari masing-masing spot wisata pantai agar mampu menarik wisatawan dan jumlah yang datang terus bertambah banyak. Karena itu, ia pun menyusun kunjungan ke titik pantai yang juga potensi hebat lainnya. Antara lain, Pantai Sendangbiru, Pantai Tiga Warna dan Pantai Tamban yang terletak di wilayah di Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

”Dari hasil kunjungan ini, pantai-pantai ini perlu adanya penambahan sarana dan prasarana. Misal di Ngudel perlu dibangun tempat ibadah, Nganteb butuh pengadaan penerangan jalan sejak dari pintu masuk. Semuanya agar potensi yang ada semakin meningkat dan jumlah kunjungan ikut meningkat,” terang Pak Sanusi.

Wabup bersemangat menuntaskan rangkaian kunjungannya. Bahkan, saat menuju ke Pantai Tiga Warna, Pak Sanusi dan istri tampak menikmati perjalanan menggunakan perahu boat tradisional dari Pantai Sendang Biru. Ia menegaskan, pantai konservasi ini butuh dilengkapi sarana dan prasarana yang lebih memadahi seperti kamar mandi dan mushola. Ia juga mengajak masyarakat sekitarnya ikut mendukung relawan pantai terkait menjaga kebersihan pantai. Kunjungan dipungkasi di Pantai Tamban dan berdialog dengan warga Desa Tambakrejo dan sekitarnya di rumah salah satu tokoh masyarakat.

”Kami tampung aspirasi seluruhnya. Pada dasarnya, Pemerintah Kabupaten Malang berusaha melayani masyarakat dan mengarahkan agar pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat. Seperti yang diharapkan warga sekitar Pantai Tamban dengan berharap memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI) layaknya di Sendangbiru, dibangunkan tanggul pemecah ombak dan plengsengan di jalan desa. Kami juga akan meneruskan ke Pemerintah Pusat karena ada beberapa usulan warga berada di luar kewenangan Pemkab Malang,” terang Pak Sanusi. (iko)