TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Mahasiswa Unitomo membakar ban bekas.

Unjukrasa Mahasiswa Unitomo Ricuh

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Unjukrasa mahasiswa Universitas Dokter Soetomo (Unitomo) Surabaya yang mendesak pengusutan kasus korupsi di kampus setempat, Kamis (08/04/2021) berlangsung ricuh. Selain saling dorong dan adu mulut, para mahasiswa nyaris adu pukul dengan petugas keamanan kampus.

 

Mahasiswa Unitomo membakar ban bekas.

 

KERICUHAN ini berawal ketika 20 mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unitomo mendatangi gedung rektorat untuk menemui rektor dan pengurus yayasan. Namun langkah mahasiswa ini dihadang sejumlah petugas keamanan kampus. Mereka dilarang masuk ke dalam gedung rektorat. Akhirnya emosi mahasiswa dilampiaskan dengan membakar ban bekas di depan gedung rektorat.

Menurut Ketua BEM Unitomo, Dhaming Laiso, aksi unjukrasa ini untuk mendesak kasus korupsi penjualan aset kampus. “Kita tidak berani menyebut siapa-siapa orang yang terlibat dalam hilangnya aset kampus, tapi kita menduga ada keterlibatan yayasan,” katanya, Kamis (08/04/2021).

Namun tudingan mahasiswa ini dibantah pihak kampus. Meski mengakui ada penjualan aset kampus, namun proses penjualan sudah memenuhi persyaratan. “Soal aset kampus, benar dijual,  tapi sudah sesuai aturan dan syarat,  serta diketahui semua orang, karena diumumkan. Jadi bukan korupsi. Itu fitnah,” ungkap Wakil Rektor 4, Meithiana Indrasari.

Aksi unjukrasa mahasiswa ini berakhir setelah pihak rektorat menjanjikan pertemuan dengan rektor dan yayasan. Meski demikian, mahasiswa mengancam akan kembali berunjukrasa  lagi apabila pertemuan yang dijanjikan tidak segera diwujudkan maupun tidak ada titik temu dalam pertemuan tersebut nantinya.  (ang/mat)