UGM Juara Nasional Economic Dabate Competition

MALANG, TABLOID JAWA TIMUR.COM – Universitas Gajah Mada (UGM) menjadi juara dalam Nasional Economic Dabate Competition (NEDC) yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Malang, Minggu (13/05/2018).

 

Tim Universitas Gajah Mada (UGM) menjadi juara dalam Nasional Economic Dabate Competition (NEDC)
Tim Universitas Gajah Mada (UGM) menjadi juara dalam Nasional Economic Dabate Competition (NEDC) yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Malang.

 

UGM BERHASIL melewati tim dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Internasional Semen Indonesia dalam  babak final.

Ketua Pelaksana NEDC 2018, Fajar Dharmawa mengatakan, peserta NEDC tahun ini berasal dari 30 perguruan tinggi di Indonesia yang mengirimkan 44 tim. Di babak final, UGM menyisakan 4 tim dan akhirnya meraih juara 1.

“Awalnya ada 48 tim, tetapi ada empat tim yang mengundurkan. Keempat tim itu, Unsri, STAN dan Universitas Udayana. Di babak final, ada 4 tim dan juaranya dari Universitas Gajah Mada,” tuturnya, usai final.

Perwakilan dewan juri, Sulis Rochayatun menjelaskan, penilaian dalam babak final meliputi beberapa aspek. Ia mengaku bersyukur dengan pelaksanaan NEDC tahun ini. Empat tim yang masuk babak final adalah tim yang terbaik.

“Ada beberapa point penilaian,  mulai argumen yang disampaikan, harus bersumber pada data (matter), anggota tim harus bekerjasama agar penyampaian anggota bisa saling mengisi,  tidak malah bertentangan (methode),  serta etika dan  tata cara menyampaiakan pendapat atau saat berdebat (manner),” tutur juri dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Komisariat Malang Raya ini.

NEDC adalah event tahunan untuk peningkatan wawasan, khususnya ekonomi. Dalam materi debat menekankan pada isu- isu ekonomi terkini, seperti kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), melemahnya rupiah, penjualan aset negara. Selain itu juga maraknya tenaga kerja asing (TKA) yang membanjiri Indonesia. Selain itu pernyataan dari para menteri juga  menarik untuk didiskusikan.  (ide)