Toto Tewel Semangati Musisi Muda

Aksi Toto Tewel saat memainkan gitar.

MALANG, TABLOID JAWA TIMUR.COM – Setelah hengkang dari Iwan Fals Band, gitaris legendaris Indonesia, Toto Tewel, memilih bersolo karier. Bahkan, pemilik nama asli Emmanuel Herry Hertoto ini meluncurkan album solo berjudul Miberdhewen (terbang sendiri).

 

MENURUT Toto, nama Miberdhewen yang berarti terbang sendiri, karena seluruh lagu dalam album ini digubah seorang diri. “Ini benar-benar album yang saya garap sendiri. Ngisi drum sendiri, gitar sendiri, bass sendiri, aransemen sendiri,” katanya, Kamis (10/05/2018) di Malang.

Dirinya tidak ingin dianggap ‘kacang lupa kulitnya’. Meskipun sudah menetap di Jakarta, ia mengenalkan albummya di kota kelahirannya, Malang. Dan, di Museum Musik Indonesia (MMI), Kamis (10/05/2018), Toto membedah, sekaligus memainkan lagu dari album baru di hadapan pecinta musik dan seniman di Kota Malang. Dirinya berkolaborasi dengan beberapa musisi, Nova Ruth dan Ketua KPJ,  Anto Baret.

Di album tersebut, berisikan tujuh lagu dalam format instrumental. Tidak sekadar menampilkan kecepatan, nada-nada melengking, ala lead gitar rock, melainkan juga harmoni di antara instrumen-instrumen musik di dalamnya.

“Seluruh lagu terilhami dari kisah perjalanan kehidupan pribadi kariernya dalam dunia musik selama 45 tahun terakhir,” lanjut The Best Guitarist versi Festival Rock se-Indonesia yang diselenggarakan Log Zhelebour (1984, 1985 dan 1986) ini.

Ia berharap, albumnya dapat semakin mewarnai musik Indonesia dan membuat generasi musisi yang lebih muda, tidak takut mengeluarkan karya. “Generasi saat ini lebih mudah dapat akses. Lebih mudah belajar. Harusnya lebih mampu memperjuangkan musik Indonesia,” pungkasnya. (ide)