Tokoh Lintas Generasi Mengenang Ebes Sugiyono

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sejumlah tokoh lintas generasi dan aliran, Minggu (04/10/2020) malam,  berkumpul di salah satu warung makan di dekat Stasiun Kota Baru, Kota Malang, Jawa Timur. Mereka mengenang masa keemasan Sugiyono, Wali Kota Malang kelima, periode 1973 – 1983 dengan menggelar diskusi bertajuk  Nostalgia Romansa Malang Tempo Doeloe, Memori Kota Malang 1973 – 1983 di Masa Ebes Sugiyono.

 

 

Monod, salah satu petinju nasional hasil binaan Ebes Sugiono.

PRIA kelahiran Blitar, 28 Agustus 1928 dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal ini pernah menjabat Wakil Gubernur Irian Jaya 1983 – 1987. Di bawah kepemimpinnya, Kota Malang dikenal sebagai gudangnya atlet nasional dan menjadi barometer musik rock Indonesia.

“Acara ini luar biasa,  karena hampir semua tokoh  lintas  hadir. Kalau bisa acara ini dilakukan setiap tahun agar tetap ada silaturahmi antar komunitas dan ormas. Apalagi momennya tepat, bersamaan peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan kelahiran TNI. Apalagi dari dulu Ebes Sugiyono adalah tokoh pemersatu setiap pembeda,” kata Wakil Ketua HIPAKAD (Himpunan Putra Putri Angkatan Darat) 2, Sigit Harianto didampingi Penasehat Senior HIPAKAD, Nurhadi.

Ibu Egnie Rumambi Sugiyono menerima cindera mata.

Hal senada diungkapkan Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Malang,  H. Agus Sunar Dewabrata, SH. Menurutnya, acara ini sangat luar biasa,  karena banyak tokoh yang hadir. “Spirit Ebes Sugiyono akan tetap kita jalankan, terutama untuk Pemuda Pancasila. Teladan dan jasa jasa beliau akan berguna sepanjang masa. Secara pribadi saya dulu pernah dekat dengan beliau waktu menjadi Asisten Manajer Arema tahun 1996. Beliau orangnya pendiam, tapi banyak berbuat. Ya itulah yang saya suka dari beliau,” katanya.

Sementara itu, Yono,  perwakilan Camp Kota Malang mengatakan, pada intinya Camp sangat mendukung acara  peringatan Hari Kesaktian Pancasila, HUT TNI,  dan mengenang Ebes Sugiyono.

“Kenapa kita mendukung? Karena pada waktu dulu kita dididik dan dibesarkan di Kota Malang,  binaan oleh Ebes Sugiyono. Sehingga kita gabungan mantan petinju Kota Malang tidak akan lupa akan jasa beliau. Semangat yang ada di beliau akan kita tanamkan di sanubari kita semua dan akan kita wariskan kepada anak cucu kita dalam dunia pertinjuan,” katanya.  (div/mat)