Tingkatkan Kinerja ASN, Pemkab Malang Luncurkan LCAT

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Pengetahuan dan kecakapan penguasaan teknologi informatika (IT) sudah merupakan keharusan bagi aparatur sipil negara, demi meningkatkan kemampuan ASN, Pemkab Malang membuat Laboratorium Computer Assisted Test (LCAT) yang dilaunching Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna, Rabu (26/9/2018).

 

 

Launching LCAT oleh Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna.

DALAM sambutanya Bupati Malang menegaskan bahwa digitalisasi adalah suatu keharusan. “Selain perintah undang-undang, PP dibidang kepegawaian, tapi ini juga kebutuhan, mau tidak mau sekarang ini ASN mulai dari Kepala OPD sampai staff harus menguasai komputer. Karena dijaman digitalisasi jika tidak menguasai itu, maka kita akan terlambat, kita tidak akan mampu melayani secara optimal,”tutur Bupati Malang.

Menyikapi hal tersebut, Badan Kepegawaian Daerah Kab Malang membuat suatu terobosan dengan membuat LCAT, dimana dengan laboratorium baru milik BKD itu, ASN akan diuji kemampuan mengoperasikan komputer dan pemahaman tentang IT. “Terobosan ini tidak semua Kabupaten atau Kota di Jatim memilikinya, bahkan untuk Kab Malang sebenarnya jauh sebelumnya sudah memiliki server sendiri,”terang Rendra.

“Tentunya dalam pengujian yang berhasil akan kita berikan reward, bagi yang gagal kalau perlu akan disekolahkan,”tambah orang nomor satu di Kabupaten Malang.

Sebenarnya menurut Bupati, para ASN di jajaran Pemkab Malang mempunyai hampir senuanya mempunyai kemampuan untuk mengoperasikan komputer, namun masalahnya di kemauan. “Saya rasa permasalahannya adalah kemauan, semua saya kira bisa,”tegas Rendra.

Terkait dengan kemalasan ASN untuk mengunakan tekhnologi, Rendra menyentil salah satu Kepala OPD yang membiarkan surat masuk selama enam bulan tanpa dibukanya. “Tekhnologi adalah untuk mempermudah, mari kita gunakan dengan sebaiknya,”kata Bupati.

Untuk permulaan, saat ini LCAT Pemkab Malang baru memiliki 30 unit komputer. “Ke depan akan kita kembangkan menjadi 100 unit, tadi Bapak Bupati sudah meminta ke Bapeda,”beber Kepala BKD Kab Malang, Nurman Ramdhansyah.

Dengan adanya LCAT nantinya proses penyeleksian dan penerimaan CPNS. “Saat ini memang masih belum bisa digunakan, tapi kedepan kita kembangkan untuk hal itu,”pungkasnya. (diy)