Tim PMK Buru Ular Kobra Masuk Rumah Warga

Petugas PMK mencari ular yang masuk ke dalam rumah warga.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Ada tugas tambahan bagi Tim Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Malang, Jawa Timur. Mereka tidak hanya harus memadamkan kebakaran, tapi juga menangkap ular kobra yang masuk ke permukiman warga, seperti yang dilakukan di rumah Ronny Swandaru, warga Jl. Penamas, Desa Sonosari, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Selasa (24/12/2019) malam lalu.

 

PERISTIWA unik yang dihadapi anggota PMK Kabupaten Malang ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto. “Pada Selasa (24/12/2019) malam, sekitar pukul 23.27 WIB, anggota PMK yang sedang piket jaga, menerima telepon dari Pak Rony Swandaru, warga Jl. Penamas, Desa Sonosari, Kecamatan  Pakisaji, Kabupaten Malang, ” katanya mengawali cerita, Sabtu  (28/12/2019) siang.

Goly menjelaskan, kepada petugas jaga, pelapor menceritakan, ada ular kobra jawa (Naja Sputratix) masuk ke dalam rumahnya. Dari hasil identifikasi petugas PMK yang tiba di lokasi sekitar pukul 23.45 WIB, panjangnya sekitar 100 cm. “Setelah tiba di lokasi,  tim melakukan koordinasi dengan tetangga pemilik rumah untuk mengetahui posisi terakhir ular tersebut,” katanya.

Selanjutnya, petugas melakukan penyisiran di area kamar mandi, dilanjutkan di area dapur, dan belakang rumah. Setelah 60 menit dilakukan penyisiran, petugas tidak menemukan ular tersebut. Akhirnya lubang yang berhubungan dengan luar ditutup, lalu memberi parfum bekas jalan ular masuk rumah agar ular tidak kembali. (mat)