Tim Penilai Mabes Polri Datangi Mapolresta Malang Kota

Tim Penilai dari Mabes Polri dan Polda Jawa Timur meninjau Polresta Malang Kota.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Tim Penilai Persiapan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Mabes Polri dan Polda Jatim, melakukan penilaian sacara internal tentang beragam pelayanan di  Mapolresta Malang Kota, Kamis (05/11/2020) siang. Penilaian meliputi komponen pengungkit  enam  areal perubahan.

 

Tim Penilai dari Mabes Polri dan Polda Jawa Timur meninjau layanan masyarakat di Polresta Malang Kota.

 

SALAH SATU anggota tim penilai, Kombes Pol Meilina D Irianti, menjelaskan, 6 areal penilaian itu meliputi tata laksana, manajemen perubahan, pengawasan, layanan publik, SDM, serta akuntabilitas.

Selain itu, tim penilai juga menyampaikan hasil survey secara online dari masyakarat. Intinya, memberikan rekomendasi kesiapan Polresta Malang Kota  untuk mengikuti  penilaian secara nasional.

Kapolresta Malamg Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mendampingi Tim Penilai dari Mabes Polri dan Polda Jawa Timur.

“Kalau dilihat dari hasil survei, sudah memenuhi standar. Minimal untuk diusulkan menjadi WBBM. Namun penilaian ini akan ditentukan oleh tim penilai nasional. Kalau secara umum, menuju WBAM, sudah terlaksana dengan baik,” jelas Kombes Pol Meilina D Irianti.

Namun dalam beberapa inovasi, masih kata Melina, masih perlu ada perbaikan dalam rangka meningkatkan kecepatan kepastian hukum.

Sementara itu, Kapolresta Malamg Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata membenarkan, jika tim penilai internal dari Mabes Polri, sudah mengumumkan hasil survei secara online. Hasil pemantauan secara fisik, kriteria penilaian usulan zona integritas WBBM, sudah memnuhi syarat nilai minimal, yakni 85 persen.  “Namun untuk penilaian survey internal  mencapai 98 persen. Penilaian eksternal hasil surveinya mencapai 97 persen sekian,” terangnya.

Namun demikian, ada beberapa perbaikan yang tidak terlalu signifikan. Sehingga tidak mengurangi penilaian. Apalagi masih ada satu penilaian lagi di tanggal 15′ Nopember. “Penilaian selanjutnya dari Kemenpan RB dan Deputi Reformasi Birokrasi. Jadi itu yang akan menilai terakhir dari tim penilai nsional,” lanjut kapolresta seraya menjelakan di tempat layanan,  seperti di SPKT, SKCK, dan Satpas SIM, ada Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). (aji/mat)