Terpercik Bara Rokok, Kios Bensin, Pemilik dan Dua Motor Terbakar

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sebuah kios bensin eceran di Jalan Lebak Jaya, Surabaya, ludes terbakar, Selasa (02/06/2020). Diduga, kebakaran disebabkan bensin terkena percikan bara rokok saat pemilik kios, Fadil Ibnu (50) hendak memindahkan cairan bensin ke dalam drum. Akibatnya, pemilik kios ikut menjadi korban, dua unit sepeda motor, dan satu unit mesin penggilingan minuman es tebu, ikut terbakar.

 

 

Petugas memadamkan kebakaran kios bensin di Jalan Lebak Jaya.

SAAT kebakaran terjadi, warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun usaha warga nampaknya sia-sia, karena api dengan cepat membesar dan sempat menyambar atap dua rumah yang berada tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Saat memadamkan api, warga juga disibukkan teriakan minta tolong Fadil yang merasa kesakitan akibat beberapa bagian tubuhnya tersambar api. Dengan memberinya minum dan menyiramkan air di tubuhnya, warga berusaha menolong Fadil.  Sementara sebagian warga  yang lain, sibuk memadamkan api.

Petugas pemadam kebakaran yang datang tidak lama kemudian,  langsung melakukan pemadaman. Hanya beberapa menit, petugas pemadam kebakaran Kota Surabaya yang mengerahkan 5 unit kendaraan PMK, berhasil memadamkan api. “Api tahu-tahu sudah membesar dan membakar kios sama beberapa sepeda motor. Itu motor milik yang punya kios dan bensin itu habis kulakan. Untung api gak masuk ke dalam,  soalnya di dalam rumah banyak sepeda  motor,” kata Kusniati, Selasa (02/06/20).

Petugas PMK menduga,  kebakaran disebabkan bensin terkena percikan bara rokok dari pemilik kios. “Begitu terkena percikan,  langsung keluar api dan membakar tubuh pemilik kios. Lukanya cukup parah dan langsung kita larikan ke RSUD Dokter Soetomo dengan mobil ambulan,” terang Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Dedik Irianto.

Sementara itu,  dua unit sepeda motor dan 1 unit mesin penggilingan minuman es tebu yang terbakar,  diamankan di Mapolsek Tambaksari, Surabaya sebagai barang bukti. Sedangkan untuk kepentingan penyelidikan dan pengusutan, Polisi memasang garis Polisi di lokasi kejadian. (ang/mat)