Tanggap Bencana, Muspika Lowokwaru Tanam Pohon

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Mengantisipasi dampak banjir sekaligus  kesiapsiagaan bencana, tiga pilar di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, melakukan aksi tanam pohon di halaman kantor Kecamatan Lowokwaru, Jl Cengger Ayam, Kota Malang, Selasa (07/01/2020).

 

Muspika Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang usai apel di halaman kantor Kecamatan Lowokwaru dilanjutkan dengan aksi tanam pohon.

 

CAMAT Lowokwaru, H. Imam Badar menerangkan, kegiatan tanam pohon merupakan aksi atas instruksi dari pimpinan pusat Kepolisian. Mengingat, salah satu penyebab banjir, dikarenakan kurangnya pepohonan.

Ibu-ibu Bhayangkari Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang juga ikut tanam pohon untuk mengantisipasi banjir.

“Beberapa lokasi sudah terkena banjir. Salah satu penyebabnya, banyaknya sampah yang tidak dibuang pada tempatnya. Karena itu, selaku tiga pilar, kami melakukan pencegahan bencana yang sebenarnya merupakan instruksi dari pimpinan Polisi di pusat. Apalagi sudah memasuki musim hujan, perlu penghijauan guna menjaga kelestarian alam,” terang Imam Badar, Selasa (07/01/2020).

Aksi tanam pohon, lanjut Imam Badar, dilakukan secara simbolis di kawasan sekitar kecamatan dan lapangan Lowokwaru. Selanjutnya, dilakukan secara menyeluruh di seluruh kawasan kelurahan masing- masing.

Kapolsek, Danrami dan Camat Lowokwaru, Kota Malang tanam pohon untuk mengantisipasi banjir.

Diharapkan, dari sinegitas yang sudah terbina dengan baik selama ini, dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Dapat menjalin silaturahmi dan kebersamaan antar lembaga instansi terkait, serta wujud nyata dalam menjaga alam hayati.

“Secara simbolis, dilakukan di sekitar kantor kecamatan. Dilanjutkan di setiap kelurahan, babinsa dan lainya. Tentunya, partisipasi masyarakat sangat diharapkan, dalam mengantisipasi bencana alam,” pungkas camat yang akrab disapa abi ini.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolsek Lowokwaru ,Kompol Rizky Tri Putra Erryka Adi Wijaya, S.I.K., Danramil 0833/05 Lowokwaru, Kapten Kav Sumaryono, Babinkamtibmas, para Babinsa, lurah jajaran, staf kecamatan, perwakilan Bhayangkari Polsek Lowokwaru.

Beberapa jenis pohon yang ditanam, di antaranya klengkeng, mangga, durian, rambutan,  dan alpukat.

Kapolsek Lowokwaru, Kompol Rizky Tri Putra Erryka Adi Wijaya, S.I.K, sangat mengapresiasi kerjasama tiga pilar ini. Semuanya dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan wujud  penanaman pohon.  (ide/mat)