TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Polisi siaga di lokasi Kongres PSSI Kabupaten Malang.

Tak Punya Ijin, Polisi Hentikan Kongres PSSI Kabupaten Malang

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Kongres Luar Biasa (KLB) Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Malang yang rencananya  digelar di Ruang Anusapati, Kompleks Pendopo Kabupaten Malang, Jl. KH Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, dihentikan Polisi, Kamis (14/01/2021).

 

Polisi siaga di lokasi Kongres PSSI Kabupaten Malang.

 

DIDUGA, kegiatan tersebut tidak mempunyai ijin dari yang berwenang, dalam hal ini  dari Satgas COVID-19 Kota Malang dan Polresta Malang Kota. Selan itu, saat ini sedang berlangsung program Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Peserta Kongres PSSI Kabupaten Malang sudah siap di lokasi acara.

“PSSI Kabupaten (Malang) tidak mempunyai izin dari Polresta Malang Kota. Tapi membuat permohonan pengamanan ke Satpol PP Kabupaten Malang. Kemudian Satpol PP membuat balasan. Isinya,  tidak memberikan izin keamanan, karena sedang berlangsung PPKM,” terang Kapolsek Klojen, Ajun Komisaris Polisi (AKP)  Akhmad Fani Rakhim.

Fani menjelaskan, mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2021, segala kegiatan pengumpulan massa saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dilarang. “Karena itu,  KLB PSSI Kabupaten Malang akhirnya dihentikan sebelum dimulai,” tandasnya.

Polisi akhirnya menghentikan Konres PSSI Kabupaten Malang yang digelar di Pendopo Kabupaten Malang.

“Kami melakukan koordinasi dengan Ketua Panitia KLB dan Satpol PP. Tidak dibubarkan karena kongres belum dimulai. Kalau dalam pelaksanaan, sebenarnya tidak boleh. Acuannya adalah Instruksi Mendagri,” lanjut Fani.

Saat dihentikan, pelaksanaan KLB masih pada tahap absensi peserta, sekitar pukul 09.30 WIB. Karena belum juga mendapatkan izin dari Satgas COVID-19 Kota Malang, akhirnya KLB dihentikan.

“PSSI memang meminta bantuan keamanan kepada Satpol PP. Karena kegiatan di wilayah Kota Malang, harus mengurus izin dari Satgas COVID-19 Kota Malang. Sampai pukul 09.30 WIB, belum bisa menunjukkan surat izin dari Satgas. Makanya kegiatan belum bisa dilaksanakan,” terang Firmando, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Malang.

Ketua Komite Pemilihan ASKAB PSSI Malang, Muali, mengaku sudah bersurat ke Satpol PP Kabupaten Malang. Dengan penghentian, KLB harus ditunda, sambil mengurus persyaratan perizinan. “Kami sudah berkomunikasi dengan Kepolisian. Karena saat mengurus persiapan kongres belum PPKM. Kami tunda dulu sekaligus mengurus persyaratan perizinan,” terang Muali. (aji/mat)