Tak Ada Perpeloncoan di Sambut Maba IBU

Salah satu pertunjukan pada acara sambut mahasiswa baru di IBU Malang.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – IKIP Budi Utomo (IBU) kembali menyambut mahasiswa baru yang dikemas dalam program Sambut Mahasiswa Baru (Samba) Arjuna di kampus C, Jl. Citandui, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur,  Kamis (17/09/2020) siang.

Untuk menghindari kerumunan dan tetap menjalankan protokol kesehatan, panitia penerimaan mahasiswa baru  hanya menghadirkan 50 mahasiswa laki-laki (offline) dan 350 peserta online.

“Samba dengan tema Arjuna ini diikuti  maba laki – laki semua. Diikuti 50 peserta offline dan 350 peserta online.  Masuk ke lokasi acara,  terlebih dahulu dicek suhu, disemprot di bilik disinfektan, cuci tangan, dan memakai masker selama acara berlangsung. Selain itu  memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum datang ke acara ini,”  terang Yulianto Dwi Saputro, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IKIP Budi Utomo.

Dwi menambahkan, pelaksanaan Samba Arjuna ini dipastikan tidak ada perpeloncoan. Karena kegiatan ini bersifat mengedukasi dan mengenalkan kehidupan kampus  dengan cara-cara yang dibenarkan pemerintah sebagaimana dihimbau Kemendikbud. “Sedangkan tema Arjuna mempresentasikan   maba yang kesatria, tangguh dalam menyongsong belajar,” jelasnya.

Karena itu, masih kata Dwi Saputro, peserta berpakaian rapi dan mencerminkan nilai-nilai kebudiutamaan, yakni ke-Indonesia-an, kemanfaatan, kepedulian, kepatuhan,  dan kepatutan.

Setelah Samba Arjuna, dilanjutkan dengan Samba Srikandi yang diikuti khusus maba  perempuan. Kemudian Samba Paripurna yang merupakan rangkuman pemuda-pemudi.

Samba diisi dengan penyampaian maklumat Rektor IBU, penyematan jas almamater sebagai  tanda diterima masuk  IBU, hiburan,   pengenalan Program Studi (Prodi) dan Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM). (aji/mat)