Sumber Nyolo, Wisata Alam Yang Bernuansa Magis

Sumber Nyolo di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang sejuk dan asri.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Keberadaan Sumber Nyolo di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, benar-benar sangat berarti bagi masyarakat setempat. Selain menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat, terutama saat musim kemarau seperti sekarang, juga jadi tempat wisata alam yang sangat menarik, penuh aura magis.

 

SELAMA ini, Sumber Nyolo dikenal sebagai obyek wisata spiritual yang banyak dikunjungi orang,  baik siang maupun malam. Biasanya, orang-orang yang sering lelaku, datang ke sumber ini pada malam-malam tertentu, seperti Selasa Kliwon, Jumat Legi, dan sebagainya, tergantung kondisinya.

Menurut Subur, salah satu pengunjung, pada umumnya, para pelaku spiritual yang datang dari berbagai daerah tersebut melakukan ritual pembersihan diri dengan mandi atau berendam di sumber dan berdoa sesuai kepercayaan masing-masing. “Mereka biasa melakukan kumkum (berendam) di sumber,” katanya, Selasa (19/11/2019) siang.

Salah satu wisatawan menikmati Sumber Nyolo di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dari pantauan wartawan TABLOIDJAWATIMUR.COM di lokasi sumber, aura magis cukup menyengat, karena banyak dupa  dan bunga yang  berserakan di dekat sumber air. Dupa dan kembang itu juga terlihat di sejumlah punden punden kecil,  tempat orang-orang bersemedi.

Dari segi ekonomi, dengan banyaknya peziarah atau wisatawan yang datang ke lokasi ini, termasuk masyarakat yang hoby jalan kaki atau gowes di pagi hari, memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitarnya. Sebab, sebelum memasuki kawasan mata air, banyak warung makan, tempat parkir, dan gazebo tempat istirahat di bawah rindangnya pohon pohon.

“Fasilitas-fasilitas tersebut memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjung sumber air yang memiliki potensi besar menjadi obyek wisata ini. Keberadaan mata air, pohon rindang, sawah,  ladang,  serta mitos yang menyelimuti tempat ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi tiket masuk hanya cukup bayar parkir Rp 2.000 per kendaraan. Sungguh sangat murah,” kata Subur. (roz/mat)