Spesialis Maling Sayur Dibekuk Polisi

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Satu dari dua spesialis sayuran, Misnadi alias Gadel (35) warga Desa Ngingit, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang dibekuk jajaran Polsek Poncokusumo, Rabu (1/8/2018) di Desa Argosuko, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

 

 

Misnadi alias Gadel tersangka maling kentang yang diamankan Polsek Poncokusumo dan kendaraan yang digunakan pelaku dalam aksinya.

KAPOLSEK Poncokusumo, AKP. Agus Siwo Hariadi ketika dikonfirmasi awak media membenarkan penangkapan Misnadi alias Gadel. “Kemarin pukul 15.30 jajaran kami berhasil mengamankan satu orang terduga pelaku pencurian berinisial MN alias G. Tersangka diamankan karena melakukan tindak pidana pencurian disertai pemberatan pada Selasa (17/7/2018),” terang Kapolsek Poncokusumo, Kamis (2/8/2018).

Secara terpisah, Kanit Reskrim Polsek Poncokusumo, Aiptu Andi Risdianto menjelaskan ditangkapnya Gadel karena mencuri kentang milik Sampetono (42) warga Dusun Kunci, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo. “Tersangka ini merupakan  spesialis maling sayuran dengan 5 TKP. Saat melakukan aksinya di rumah milik korban Sampetono, tersangka berdua dengan rekannya yang saat ini masuk DPO (Daftar Pencarian Orang-red),”jelas Andik.

Awalnya saksi yang juga tetangga korban, Jumarto, memberitahu korban jika delapan karung kentang miliknya yang ditaruh didepan rumah hilang. “Mendapat laporan dari Saksi Jumarto, korban kemudian melihat rekaman CCTV (Closed Circuit Television-red) yang ada dirumahnya. Dari hasil rekaman diketahui,ada dua orang yang mengambil kentang miliknya, mengunakan kendaraan pick up Daihatsu Gran Max N 9209 GF. Kejadian tersebut langsung dilaporkan ke Polsek Poncokusumo oleh korban,”papar Kanit Reskrim Polsek Poncokusmo.

Berbekal dari rekaman CCTV, sat unit reskrim Polsek Poncokusumo segera melakukan penyelidikan, yang kemudian didapat informasi jika salah satu pelaku yakni Misnadi alias Gadel sedang berada di Desa Argosuko. “Kami langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku serta mengamankan satu unit mobil Daihatsu Grand Max sebagai barang bukti,”kata Andik.

Dalam pemeriksaan diketahui  sebelumnya Gadel telah melakukan pencurian sayuran disejumlah TKP, di Desa Belung mencuri daun bawang, di Desa Wonorejo berhasil mencuri lima karung terong dan dua peti tomat, dan tiga kali melakukan pencurian di Dusun Kunci, Desa Wringinanom yang berhasil menyikat 15 karung kentang. “Sedangkan di Desa Duwet, Kecamatan Tumpang, pelaku berhasil membawa kabur 6 karung kentang,”ungkap Andik. Berdasarkan pengakuan Gadel, sayuran hasil curiannya dijual ke sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Malang.

“Saat ini tersangka masih menjalani proses penyidikan lebih lanjut, dan kami masih melakukan pengejaran terhadap pelaku yang masih buron,”pungkas Kanit Reskrim Polsek Poncokusumo. (diy)