Sopir Angkutan Umum Tes Urine

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan penumpang angkutan umum menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018, Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Jawa Timur bekerjasama dengan instansi terkait,  melakukan uji kelaikan kendaraan dan tes urine bagi pengemudi angkutan umum, di Terminal Talangagung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat (08/06/2018).

 

Petugas BNN Kabupaten Malang, Jawa Timur melakukan tes urin bagi sopir di Terminal Talangagung, Kepanjen.

MENURUT Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Hafi Lutfi, apa yang dilakukan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik. “Sebenarnya ini adalah kegiatan rutin tahunan. Kita bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Satlantas Polres Malang melakukan uji kelaikan kendaraan dan tes urine bagi pengemudi angkutan umum. Tujuannya, untuk kenyamanan dan keselamatan para pemudik,” katanya.

Ditemui sewaktu pelaksanaan tes urin, Kepala BNN Kabupaten Malang, Letkol Laut (PM) Agus Musrichin menyampaikan, pihaknya memback-up Dinas Perhubungan  dan Satresnarkoba Polres Malang. “Kami di sini hanya memback-up apa yang sudah diprogramkan Dinas Perhubungan dan Polres Malang. Kita siapkan personil beserta alat kelengkapannya,” jelasnya.

Sopir angkutan umum antri tes urin dan cek darah di Terminal Talangagung, Kepanjen.

Sementara itu,  menurut Kaur Bins Ops Satresnarkoba Polres Malang, Iptu Suryadi, tes urin yang dilakukan menyasar kepada para pengemudi angkutan umum, baik MPU (Mobil Penumpang Umum) maupun bus. “Target kita adalah para sopir angkutan penumpang. Dengan tes urine ini akan diketahui sopir tersebut habis mengkonsumsi narkoba atau tidak,” ujarnya.

Dia menambahkan, kondisi kesehatan sopir yang bertugas pada angkutan lebaran 2018 menjadi perhatian utama. Sebab, jika pengemudi sewaktu mengendarai angkutan penumpang umum dalam kondisi mabuk atau dipengaruhi narkoba, tentu sangat berbahaya bagi para penumpang maupun pengguna jalan lain. “Tujuan tes urin kali ini seperti itu. Jadi,  ini langkah antisipasi atau deteksi dini, adakah sopir yang di bawah pengaruh narkoba? Jika ada,  pasti akan ada tindakan tegas,” tandas Suryadi.

Selama pelaksanaan tes urin, para sopir juga dites tensi darahnya. Selama giat yang dilakukan di areal Terminal Talangagung, tidak ada sopir yang terindikasi menggunakan narkoba.  (diy)