TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Salah satu group musik tampil di Pasar Seni DKM.

Seniman Kota Malang Meriahkan Pasar Seni

Salah satu group musik tampil di Pasar Seni DKM.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Pasar Seni yang dihelat  Dewan Kesenian Malang (DKM) Kota Malang, di Sekretariat Dewan Kesenian Malang, Jl. Majapahit 3, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, yang berlangsung sejak 28 Desember 2020 – 1 Januari 2021, semarak.

 

DI HARI pertama, acara yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun  ke-47 Dewan Kesenian Malang ini, menggelar beragam pertunjukan yang sangat menghibur. Di antaranya,  sajian musik  Bejo Rinding (Galeri Bejo), Tari Bapang, Grebeg Jowo, dan Grebeg Sabrang. Semuanya persembahan dari Sanggar Padma Puspita, pimpinan Santi Peni Prasetyo. Sedangkan Badan Pekerja Harian Seni Tari DKM mempersembahkan Tari Beskalan.

Salah satu seniman sedang tampil di Pasar Seni DKM.

Uddin Noor, Ketua Panitia Pasar Seni Dewan Kesenian Malang mengatakan, tujuan acara ini,  Dewan Kesenian Malang ingin memberikan  teladan. Karena Kota Malang  gudangnya para seniman dan  budayawan yang hebat. Dengan  acara ini,  minimal bisa menyalurkan inspirasi para seniman dan para budayawan, khususnya di masa pandemi seperti ini,” katanya, Senin, (28/12/2020).

Uddin Noor menambahkan, dengan kebangkitan Dewan Kesenian Malang, bisa menjadi pilar kemajuan seni dan budaya di Kota Malang untuk mendukung program-program pemerintah,  semisal heritage.

“Kita tidak kalah dengan Malioboro Jogja atau Pasar Seni Sukowati di Bali.  Pasar Seni ini bagian terkecil bahwa kita mampu bersaing dengan kota-kota budaya lain di Indonesia. Malang adalah gudangnya para seniman dan budayawan, oleh karena itu sangat di sayangkan bilamana para pengrajin, seniman dan budayawan yang super tersebut tidak di gerakkan demi kemajuan Kota Malang pada umumnya,” katanya.  (div/mat)