TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

M. Solahudin Al-Ayubi, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), sukses meraih juara satu lomba Bogor Leaders Talk 2021.

Sempat Flu, Mahasiswa UMM Menangi Lomba Bogor Leaders Talk

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – M. Solahudin Al-Ayubi, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, sukses meraih juara satu lomba Bogor Leaders Talk 2021. Dalam lomba yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bogor, Rabu (21/04/2021)  itu, dia mengngkat inovasi di bidang pendidikan.

 

M. Solahudin Al-Ayubi, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), sukses meraih juara satu lomba Bogor Leaders Talk 2021.

 

SOLAH —- M. Solahudin Al-Ayubi— mengatakan, pada perlombaan ini, dirinya mengembangkan inovasi untuk menjembatani pembelajaran secara daring dan luring, khususnya di Bogor.

Untuk pembelajaran daring, Solah menggunakan media website dan sosial media. Sementara untuk pembelajaran luring, Solah menggandeng pihak ketiga untuk memberikan pengajaran kepada para siswa di pelosok.

M. Solahudin Al-Ayubi.

“Di sini, ada beberapa daerah yang sinyalnya kurang bagus. Jadi tidak bisa melaksanakan pembelajaran secara daring dengan lancar. Salah satu solusi yang saya tawarkan untuk pembelajaran luring adalah membuka volunteer bagi mahasiswa dan pelajar. Nantinya, mereka akan bertugas di pelosok Bogor dan memberikan pengajaran kepada adik-adik di desa,” ujar mahasiswa kelahiran Bogor ini.

Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional UMM  ini berkata, perlombaan Bogor Leaders Talk merupakan salah satu  rangkaian Program Pancakarsa yang diadakan Bupati Bogor. Perlombaan ini mengajak para generasi muda dari rentang umur 16 – 30 tahun untuk menyampaikan gagasan-gagasan untuk membangun kota hujan tersebut.

“Perlombaan ini hanya dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa ber-KTP Bogor. Meskipun begitu, pesertanya berasal dari berbagai SMA dan universitas di seluruh Indonesia. Dari 70 video yang diperlombakan, dipilih lima peserta terbaik untuk dilombakan kembali,” kata anak bungsu dari enam bersaudara ini.

Solah mengaku sama sekali tidak menyangka dapat maraih juara satu di perlombaan itu. Pasalnya,  dirinya sedang terkena flu ketika membuat video tersebut, sehingga hasilnya kurang maksimal. Meski begitu, Solah sangat bersyukur atas raihan juara tersebut.

“Saya berharap program saya yang memenangkan lomba ini tidak berhenti sampai di sini saja, namun bisa berkelanjutan. Dalam pengembangannya,  saya ingin sekali mendapat dukungan dari pemerintah,  baik berupa materil maupun non-materiil,” harapnya. (div/mat)