Selama Lebaran, PMI Tangani 117 Kasus

Relawan PMI Kabupaten Malang memberikan pertolongan kepada korban tersengat binatang laut di Pos Kesehatan PMI di Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM –  Jumlah kasus yang ditangani Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang selama 10 hari melakukan pengamanan kesehatan (pamkes) di 8 lokasi, cukup besar, mencapai 117 kasus. Jumlah ini jauh menurunkan dibandingkan tahun 2017 yang mencapai 150 kasus.

 

Relawan PMI Kabupaten Malang memberikan pertolongan kepada korban.

“PADA tahun 2017 lalu ada 150 kasus yang kita tangani dengan korban meninggal 1 orang, luka berat 1 orang, luka sedang 3 orang, dan cedera ringan 5 orang. Pada tahun 2018 ini,  jumlah kasus yang kami tangani 117 kasus. Ada penurunan 33 kasus,” papar Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprilijanto, SE, MM, Selasa (26/06/2018).

Menurut Aprilianto, pamkes dilakukan di delapan tempat pariwisata, selama 10 hari, dimulai 11 Juni 2018 sampai Senin 24 Juni 2018.  Salah satunya di Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. “Hari terakhir pamkes kemarin sore, ditutup di Pantai Wisata Balekambang,” katanya.

Relawan PMI Kabupaten Malang memberikan pertolongan kepada korban tersengat binatang laut di Pos Kesehatan PMI di Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprilijanto.

Menurut pria asal Bantur ini, dibanding pamkes lebaran 2017, kasus yang ditangani pamkes lebaran tahun ini jauh menurun. “Pada tahun 2017 lalu ada 150 kasus yang kita tangani dengan korban meninggal 1 orang, luka berat 1, luka sedang 3 dan cedera ringan 5 orang. Pada tahun ini jumlah kasus yang kami tangani 117 kasus. Ada penurunan 33 kasus,” papar April.

Dari 8 lokasi Pamkes PMI, Pantai Wisata Balekambang menyumbang jumlah kasus terbanyak, yakni 51 kasus. “Kasus penanganan terbanyak di Pantai Wisata Balekambang. Rata-rata para pengunjung terkena sengatan hewan laut dan luka karena tergores karang,” ungkapnya.

Sementara itu, pamkes di Markas PMI Kebonagung menangani 7 kasus, PGD Bedali Lawang 9 kasus, Coban Rondo 25 kasus, JLS (Jalur Lintas Selatan) 22, Turen 2 kasus dan Pantai Sipelot Pujiharjo 1 kasus,  dan  Pamkes Donomulyo tidak ada kejadian kecelakaan sehingga tidak ada kasus yang ditangani relawan PMI.  “Dari delapan titik, tempat wisata pantai memang masih mendominasi jumlah kasus. Beruntung dalam lebaran tahun ini tidak terjadi laka laut,”jelas April.

Berdasarkan data PMI Kabupaten Malang, di tahun 2018,  mulai Januari – Juni,  telah terjadi 3 kasus laka laut. “Catatan kami,  sampai Juni 2018,  ada 3 kejadian laka laut dengan korban meninggal 2 orang dan hilang 1 orang. Untuk itu kami senantiasa menghimbau kepada para wistawan pengunjung pantai, khususnya di pantai yang ada di Malang Selatan agar berhati-hati, karena memang selain ombaknya yang besar, kontur tebing pantainya terjal. Selalu waspada jika berwisata ke pantai,” pesan  April.  (diy)