TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Satgas saat gerebek Swab.

Satgas Covid-19 Gerebek Swab di Perkampungan

SURABAYA,TABLOIDJAWATIMUR.COM – Satgas Covid-19 Surabaya gelar gerebek Swab atau tes usap dadakan di perkampungan yang masuk dalam zona merah Covid-19. Gerebek Swab dikawasan Jalan Bogen Tambaksari ini menyasar warga yang hendak berangkat bekerja dan nongkrong di warung-warung.

 

Satgas saat gerebek Swab.

KEDATANGAN petugas yang mengenakan pakaian APD lengkap ini pun mengejutkan warga. Satu persatu warga yang hendak berangkat kerja dihentikan dan langsung di Swab. Begitu pula dengan warga yang asyik nongkrong atau cangkruk di warung nasi maupun warung kopi (Warkop), juga tidak luput dari Swab.

“Gak gak Bu…saya gak mau,” kata Bowo salah seorang warga yang sempat menolak di Swab ketika kedapatan nongkrong di warung. Namun setelah diberi pengertian, Bowo pun bersedia di Swab.

Satgas Covid-19 juga menyasar warga yang berada di rumah. Satu persatu warga yang berada di rumah diminta keluar untuk di Swab. Namun ada juga warga yang menolak di Swab dan menutup paksa pintu rumah. “Keluarga ini tidak mau, kita catat saja,” ujar salah seorang petugas Satgas.

Gerebek Swab ini sengaja digelar untuk memutus penyebaran Covid-19 di kampung-kampung. “Kita kan menyasar warga yang bekerja dan di warung warung diharapkan dapat mengantisipasi klaster keluarga maupun perkantoran,” jelas Kepala Puskesmas Rangkah dr Dwiastuti Setyorini. (ang/mat)