Sanusi Serahkan SK Kepada 774 CPNS

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sebanyak 774 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, menerima Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (SK CPNS), Senin (20/05/2019) siang. SK diserahkan Plt. Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM, didampingi Sekretaris Daerah, Ir. Didik Budi Muljono, MT.

 

Plt. Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM, bersama CPNS yang baru saja menerima SK.

 

“SEMOGA momentum ini menjadi titik awal mengabdi kepada bangsa dan negara sesuai amanah jabatan masing-masing. Hari ini merupakan momen yang sangat dinantikan bagi para CPNS yang sangat berbahagia, karena telah menerima SK. Hal ini tentu patut disyukuri karena merupakan anugerah dari Allah SWT. Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang,  saya ucapkan selamat dan sukses,” kata Sanusi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah, SH, M.Hum.

Sanusi pun mengingatkan kepada para CPNS yang sudak menerima SK, dalam rangka menjalankan amanat Undang- Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), manajemen ASN dilaksanakan berdasarkan sistem merit. Dimana salah satu poinnya adalah seleksi pengadaan CPNS diselenggarakan secara kompetitif, yang berorientasi pada talenta terbaik.

Plt. Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM, menyerahkan SK CPNS kepada salah satu CPNS.

“Seorang CPNS memiliki tugas pokok. Di antaranya, melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas, serta  dapat mempererat persatuan dan kesatuan NKRI. Sebagai ASN,  harus bisa menempatkan diri sebagai pelayan atau abdi masyarakat yang baik,” tegasnya.

Sanusi juga mekankan kepada seluruh CPNS agar senantiasa mematuhi aturan kepegawaian dan kode etik yang sifatnya mengikat. Jangan pernah melakukan hal-hal yang melanggar aturan. “Selalu jaga dan pedomani selalu kode etik dalam bekerja. Tetap optimis, terus bekerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, serta kerja tuntas untuk meraih prestasi yang berkualitas,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Nurman Ramdansyah, SH, M.Hum mengatakan, dengan didapatkannya hasil CPNS,  diharapkan menghasilkan sumber daya aparatur sipil negara yang bersih dan profesional sesuai kompetensinya. Selain itu juga untuk mendukung program nawa cita,  utamanya di bidang pendidikan, kesehatan,  dan pembangunan infrastruktur.

“Jumlah PNS di Pemerintah Kabupaten Malang sebanyak 21.714 orang. Setiap tahun selalu ada yang purna tugas. Jumlahnya sekitar 800 hingga 900 orang. Untuk itu, dengan didapatkan pengadaan CPNS ini tentu sangat membantu. Kami sangat bangga, karena 774 orang ini adalah orang-orang hebat,  karena mereka dilahirkan pada sistem yang murni dan transparan, mampu mengalahkan ribuan orang yang berebut untuk bisa berada di posisi yang diharapkan saat ini,” ungkap Nurman.

Sebanyak 774 orang ini terdiri dari  88 orang dari formasi honorer eks K2, cumlaude 14 orang, disabilitas 4 orang, dan dari umum 668 orang. Sedangkan dari jenis jabatannya, fungsional guru ada 580 orang, fungsional bidang kesehatan 149 orang, fungsional lainnya 20 orang, dan pelaksana 25 orang. Sedangkan penetapan pelaksanaan tugas, NIP diberikan per bulan Maret 2019. Penetapan SPMT per tanggal 2 Mei 2019.  (iko/mat)