Rumah Padat Penduduk Terbakar, Warga Gempar

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Suasana tenang di sekitar Jalan Ngaglik Kecamatan Sukun Kota Malang, Minggu (28/7/2019) siang mendadak terusik dengan adanya peristiwa kebakaran menimpa rumah Sampurno (40) warga setempat.

 

 

Lima unit mobil pemadam dikerahkan, menjinakkan si jago merah di rumah Sampurno disaksikan warga.

BERUNTUNG tidak ada korban jiwa, namun korban mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp 10 juta. Kepala UPT Damkar Kota Malang, Anton Vera menceritakan kronologis kebakaran tersebut, berawal dari adanya laporan warga yang melihat dari dalam rumah milik Sampurno yang mengeluarkan asap tebal.

Semakin lama, asap tersebut semakin banyak, menebal dan menyebar keluar rumah. Tak berapa lama kemudian, warga yang merasa khawatir akhirnya menghubungi petugas Damkar Kota Malang untuk minta bantuan memadamkan api. Kekhawatiran warga beralasan, karena lokasi kejadian berada pada kampung yang padat dengan pemukiman penduduk.

” Peristiwa dilaporkan terjadi pukul 13.18 Wib dan kami langsung meluncur ke TKP,” tandas Kepala UPT Damkar Kota Malang, Anton Vera.

Sebanyak 20 petugas Damkar dengan lima unit mobil pemadam dikerahkan untuk menanggulangi kebakaran. Setibanya di tempat kejadian, petugas bersama warga bahu-membahu menjinakkan si jago merah. Pembasahan sempat mengalami kendala, karena titik api berada pada lantai dua rumah yang berada di gang sempit.

Bahkan petugas pemadam meminjam tangga kayu dari warga, lalu memasangnya di depan rumah untuk naik ke atap. Selang pemadam api juga terpaksa dijulurkan sampai mencapai lokasi untuk pemadaman. Setelah berjibaku selama sekitar 15 menit, akhirnya api berhasil dipadamkan petugas Damkar.

“Akibat peristiwa kebakaran ini korban mengalami kerugian material diperkirakan mencapai Rp 10 juta. Petugas kepolisian masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran,” terang Anton. (hadi)