Rumah Jadi Abu, Kerugian Capai Rp 100 Juta

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Cuaca terik, ditambah suhu tinggi pada musim kemarau tahun ini, membuat kebakaran mudah terjadi. Seperti yang dialami Mujahid (60), warga Dusun Ledokdowo, Desa Pakisjajar, RT 03/RW 04 Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Rumah tinggalnya terbakar Kamis (24/10/2019) malam, sekitar pukul 21.45 WIB.

Petugas PMK Kabupaten Malang berjibaku memadamkan api yang membakar rumah.

 

MALAM ITU, petugas jaga Tim Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Malang yang tengah berjaga, menerima telepon dari Adi, warga desa setempat. Dia menginformasikan ada kebakaran di desanya.

“Setelah menerima informasi, Tim PMK yang dipimpin Gunawan sebagai Komandan Regu langsung meluncur ke lokasi kebakaran,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto, Jumat (25/10/2019) siang.

Goly menjelaskan, tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) diterjunkan untuk memadamkan api yang menimpa rumah berukuran kurang lebih 80 m2 tersebut. Tiba di lokasi, tim langsung melakukan tindakan penanggulangan berupa penyemprotan dan pembasahan.

Dengan bantuan warga dan kerja keras, akhirnya sekitar pukul 22.30 WIB api sudah dapat dijinakkan. “Tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Kerugian material ditaksir mencapai Rp 100 juta,” jelas Goly seraya menambahkan kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 21.30 WIB.   (bri/mat)