TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Petugas kesehatan melakukan vaksin terhadap ibu hamil di RSUB Malang, Jawa Timur.

RSUB Vaksin 60 Ibu Hamil

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB) Malang, Jawa Timur, melakukan vaksinasi terhadap 60 ibu hamil usia 13 – 33 minggu, Kamis (19/08/2021). Sebab, ibu hamil menjadi kelompok yang rentan meninggal akibat COVID-19.

 

Petugas kesehatan melakukan vaksin terhadap ibu hamil di RSUB Malang, Jawa Timur.

 

IBU HAMIL menjadi kelompok yang rentan meninggal akibat COVID-19. Karena itu vaksinasi bagi mereka sangat penting demi melindungi mereka dari paparan COVID-19,” kata Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Malang,  dr.  Sutrisno, Kamis (19/08/2021).

Dia menambahkan, sebanyak 60 ibu hamil menerima vaksin Sinovac dosis pertama di Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB), Kamis (19/08/2021). Sedangkan vaksinasi untuk ibu hamil secara  nasional, berlangsung di 9 titik. Untuk Provinsi Jawa Timur dilangsungkan di Kota Malang dan Kota Surabaya.

“Target seluruh ibu hamil mendapat 2 kali suntikan. Hari ini ada 60 ibu hamil di Kota Malang. Kalau seluruh Jatim, ibu hamil yang siap divaksin totalnya 119 ribu orang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr. Husnul Muarif, mengungkapkan,  usai di RSUB ini, vaksinasi untuk ibu hamil akan mulai digencarkan per wilayah. “Setelah dari sini, akan ada basis wilayah. Jadi ibu hamil bisa melaksanakan vaksin ke Puskesmas terdekat, sesuai umur kehamilan. Namun mereka harus lolos skrining,” ujarnya.

Kapan vaksinasi di 16 Puskesmas dilaksanakan? Mantan Dirut RSUD Kota Malang itu menyerahkan jadwalnya sesuai instansi masing-masing. “Sementara ini vaksin tersedia memang tidak banyak. Oleh karena itu, teman-teman di Puskesmas bisa menggagendakan sendiri dan disesuaikan jadwalnya. Karena saat ini kan masih ada vaksinasi tahap kedua untuk vaksin Sinovac dan vaksin AstraZeneca,” pungkas dr Husnul.  (div/mat)