Ringankan Beban Mahasiswa Akibat Corona, IBU Bantu Sembako

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Di tengah – tengah pandemi Covid-19, IKIP Budi Utomo (IBU) Malang, Jawa Timur, bersama Gerakan Peduli Covid-19, membagikan sembako kepada mahasiswanya, Sabtu (25/04/2020). Sebelumnya juga sudah dibagikan alat pelindung diri (APD) kepada masyarakat di beberapa wilayah dan rumah sakit.

 

IKIP Budi Utomo (IBU) Malang, Jawa Timur, bersama Gerakah Peduli Covid-19, membagikan sembako kepada mahasiswanya, Sabtu (25/04/2020).

 

“MENJADI kewajiban kami sebagai pengganti orang tua mereka di kampung untuk memperhatikan anak-anaknya di rantau. Karena mereka tidak pulang akibat wabah Virus Corona,” terang Rektor IBU, Dr. H. Nurcholis Sunuyeko, M.Si, ditemui di kampus IBU, Sabtu (25/04/2020).

Nurcholis menjelaskan, pembangian sembako dilaksanakan dengan mendatangi rumah kos para mahasiswa di kawasan Jl. Citandui. Paket sembako berisi kebutuhan pangan sehari-hari, seperti beras, minyak goreng, mie instan, dan telur. “Semoga dapat  membantu kesulitan dana yang mereka alami, karena orang tua di kampung juga dalam kondisi terpuruk akibat Covid-19,” ujarnya.

“Wabah Covid-19 ini sebenarnya tidak hanya menghantam faktor kesehatan. Namun juga berdampak luas pada perekonomian masyarakat. Akibatnya, sebagian mahasiswa IBU ikut terimbas akibat kondisi ekonomi yang memprihantinkan di daerah asalnya,” lanjut Nurcholis.

Meski demikian, katanya, tidak semua mahasiswa IBU yang berjumlah ribuan tersebut, mendapat bantuan. “Tidak semuanya. Kami sudah punya data mahasiswa-mahasiswa yang layak dibantu, sehinggga benar-benar tepat sasaran,” imbuhnya.

Selain sembako, mahasiswa IBU difasilitasi pemasangan WiFi secara gratis di kos mereka. Dengan sembako dan jaringan internet yang prima, diharapkan mahasiswa tetap dapat melakukan perkuliahan daring dengan lancar tanpa hambatan.

Menurut Nurcholis, Gerakan Peduli Covid-19 tidak berhenti sampai di sini. Masih ada gerakan IBU selanjutnya. “Yang pasti IBU selalu peduli, menyangkut kepentingan bangsa dan negara,” tandasnya. (ide/mat)