Ratusan Warga Rangkah Berebut Gunungan Maulud

SURABAYA,TABLOIDJAWATIMUR. COM – Ratusan orang saling berebut gunungan maulud, yang diarak mengelilingi Kampung Rangkah RW 06, Surabaya, Selasa (20/11/2018). Ribuan peserta karnaval ikut memeringati Maulud Nabi Muhammad SAW ini. Gunungan maulud ini berisi sayuran dan buah serta makanan ringan atau jajanan.

 

 

Ratusan orang saling berebut gunungan maulud, yang diarak mengelilingi Kampung Rangkah RW 06, Surabaya.

WARGA mengaku rela saling berebut dengan warga lainnya, karena isi dari gunungan sangat bermanfaat. “Saya memilih sayuran karena bisa dibuat masak. Meski perlu perjuangan karena berebut, tapi saya puas dan senang. Apalagi hasilnya saya dapat banyak,” jelas Pujiastuti sambil menunjukkan kantong plastik berisi penuh sayuran.

Bersama sekitar 1.100 peserta karnaval, sebanyak sepuluh gunungan beragam bentuk, diarak mengelilingi kampung Rangkah Surabaya. “Jumlah peserta karnaval gerebek maulud di RW 06 untuk tahun ini cukup banyak dibanding tahun sebelumnya. Kita sampai kewalahan menerima pendaftarannya,” terang Ketua Panitia,  Sigit Sudartono.

“Tujuannya untuk kebersamaan dan menjaga tradisi, serta budaya leluhur. Selain itu juga sebagai wujud rasa syukur warga dalam peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW,” imbuh Sigit yang juga Ketua RW 06 Rangkah ini.

Sementara Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana, yang membuka Gerebek Maulud di RW 06 Kampung Rangkah, mengaku akan menjadikan tradisi gerebek maulud sebagai destinasi wisata Kota Surabaya.

“Tidak hanya di kampung Rangkah ini saja, tradisi lain yang ada di Surabaya akan kita jadikan wisata nantinya,” ungkap Wisnu.

Sementara itu, antusiasme warga dalam gerebek maulud ini, sempat membuat kemacetan Jalan Raya Kenjeran. Pasalnya, rebutan isi gunungan dilakukan di tengah Jalan Raya Kenjeran. (ang)