Ratusan CJH Periksa Kesehatan di Puskesmas Singosari

Penanggung Jawab Haji Puskesmas Singosari, Kabupaten Malang, Abu Bakar, Skep.Ns , bersama CJH sdi Puskesmas Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM –  Sebanyak 145 calon jamaah haji (CJH) asal Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjalani tes kesehatan di Puskesmas Singosari dan RS Prima Husada Singosari, Kamis (27/12/2018). Dari jumlah tersebut, 37 orang harus dirujuk ke RS Prima Husada karena termasuk kategori resiko tinggi usia maupun penyakit.

 

Para CJH antri untuk menjalani kesehatan di Puskesmas Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

HAL INI diutarakan Penanggung Jawab Haji Puskesmas Singosari, Kabupaten Malang, Abu Bakar, Skep.Ns , saat mendampingi CJH yang tengah menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Singosari, Kamis (27/12/2018) siang.

“Jumlah CJH asal Singosari ada 145 orang. Dari jumlah tersebut, 37 orang menjalani cek kesehatan di RS Prima Husada, Singosari. Sebab, ke-37 orang ini termasuk kategori resiko tinggi (risti) usia maupun penyakit. Rata-rata, usia mereka di atas 60 tahun,” katanya.

Para CJH mendapat penjelasan dari petugas kesehatan di Puskesmas Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur sebelum menjalani tes kesehatan tahap pertama, beberapa waktu lalu.

Abu Bakar menambahkan, untuk pemeriksaan kesehatan CJH tahun ini, ada tambahan  pemeriksaan ECG (electrocardiogram), untuk mengetahui sejauhmana kesehatan jantung seorang jamaah dan foto thorax (foto ronsen) untuk mengetahui apakah ada jamaah yang menderita TBC (tuberculosis) atau tidak.

Salah satu CJH menjalani kesehatan di Puskesmas Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dia juga menjelaskan, tes kesehatan dilakukan tiga tahap. Tahap pertama dilakukan di Puskesmas. Tahap kedua juga di Puskesmas kecuali bagi jamaah yang resiko tinggi  usia dan penyakit dirujuk di rumah sakit yang sudah ditentukan pemerintah daerah. Tahap ketiga dilakukan di Embarkasi Sukolilo, Surabaya. “Untuk pemeriksaan kebugaran akan dilaksanakan Januari 2019 sekaligus meningitis,” katanya.

Sementara itu, sejumlah CJH, baik puetra maupun puteri, sudah berdatangan ke Puskesmas Singosari sejak Kamis pagi. Sesuai arahan petugas kesehatan, mereka mengikuti alur proses pemerikssaan kesehatan, mulai mengambil nomor antrian, pendaftaran, pengambilan darah sebelum makan, pengukuran tensi nadi, rekam jantung, pemeriksaan oleh dokter, foto ronsen dan pengambil darah dua jam setelah makan.

Meski jumlah jamaah yang mengikuti cek kesehatan cukup banyak di Puskesmas Singosari, namun proses pemeriksaan berjalan lancar dan tertib. Sebab, Puskesmas Singosari  sudah menyiapkan  petugas kesehatan lengkap dengan segala fasilitasnya, termasuk ruang tunggu bagi jamaah. (iko/mat)