TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Pengurus MWC NU Dau, Kabupaten Malang, menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Malang selatan.

PWNU Himbau PCNU Bantu Warga Terdampak Gempa

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Wakil Khatib Syuriah PWNU Jawa Timur, KH Romadhon Chotib menghimbau pengurus PCNU se Jawa Tmur, ikut peduli terhadap warga yang terdampak gempa yang terjadi Sabtu (10/04/2021) siang, sekitar pukul 14.00 WIB,  baik di Kabupaten Malang, Lumajang, dan di beberapa daerah lain di Jawa Timur. 

 

Salah satu rumah penduduk rusak parah akibat diterjang gempa di Malang selatan.

 

MENURUT KH Romadhon Chotib yang tinggal di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang ini, kepedulian itu bisa diwujudkan dalam bentuk menyalurkan bantuan, baik berupa sembako, pakaian, obat-obatan, peralatan pertukangan, atau dalam bentuk lain yang benar-benar dibutuhkan warga terdampak.

Pengurus MWC NU Dau, Kabupaten Malang, menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Malang selatan.

“Selain itu bisa juga mengirim relawan ke lokasi gempa, seperti ke Kabupaten Malang dan Lumajang, untuk membantu warga yang terdampak gempa. Sebab dampak gempa tersebut sangat luar biasa. Banyak rumah penduduk, masjid, mushola, sekolah, dan sejumlah fasilitas umum lainnya yang rusak parah. Bahkan tak sedikit penduduk yang meninggal, luka berat, maupun luka ringan,” himbaunya.

Wakil Khatib Syuriah PWNU Jawa Timur, KH Romadhon Chotib

Untuk Kabupaten Malang, masih kata Romadhon Chotib, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim (LPBI) PCNU Kabupaten Malang, sudah mendirikan posko di Kecamatan Dampit, salah satu kecamatan yang terdampak parah akibat gempa. Sampai Jumat (16/04/2021) siang, Tim Relawan LPBI NU Kabupaten Malang, sudah menyalurkan bantuan sembako, alat kerja untuk bersih- bersih, linggis, skrop, arko, dan sebagainya kepada warga terdampak. Sedangkan untuk trauma healing, disupport Persatuan Dokter NU.

“Melalui posko ini, kami kumpulkan bantuan dari berabagi elemen masyarakat, kemudian kami salurkan kepada warga terdampak. Karena itu, kami himbau kepada semua lapisan masyarakat,  mari kita bantu warga terdampak gempa. Kita ringankan beban mereka. Dalam hal ini, Posko LPBI NU siap menampung sekaligus menyalurkan bantuan. Kalau ada masyarakat yang ingin langsung menyalurkan kepada warga terdampak, Tim LPBI NU siap mengawal dan membantu hingga ke lokasi,” jelas Romadhon yang juga menjadi Mustasar PCNU Kabupaten Malang ini. (bri/mat)