TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata berdialog dengan petugas medis yang melaksanakan vaksin di Polresta Malang Kota.

Purnawirawan Polri Jalani Vaksin Astrazeneca

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Ratusan purnawirawan Polisi Kota Malang menjalani vaksin  jenis Astrazeneca di Klinik Polresta Malang Kota, di Jl. Pahlawan Trip, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, untuk mencegah meluasnya COVID-19, Rabu (19/05/2021).

 

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata berdialog dengan petugas medis yang melaksanakan vaksin di Polresta Malang Kota.

 

“IYA, hari ini secara resmi mulai dilaksanakan vaksinasi untuk para purnawirawan Polri. Tahap pertama dengan jenis vaksin astrazeneca. Jumlahnya nanti sekitar 201 orang. Untuk hari ini 50 orang dulu dan dilanjutkan besok lusa,” terang Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata.

Setelah divaksin, para pasien dipantau sekitar 30 menit. “Sebagaimana vaksin yang lain, akan kami pantau terus. Bahkan mereka tidak bisa  langsung pulang. Masih standby dulu,  barangkali ada efeknya,” lanjut mantan Wakapolrestabes Surabaya ini.

Setelah itu, lanjut Leonardus, yang sudah menjalani vaksin pada termin pertama ini, akan kembali menjalani vaksin termin kedua, sekitar 8 minggu lagi, dengan jenis vaksin yang sama.

Menurutnya, vaksin kepada purnawirawan atau lansia, sangat penting. Mengingat pademi belum terakhir, dan memerlukan kekuatan imun tubuh. Karena itu, ia menghimbau terus melaksanakan 5 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjahui kerumunan,  dan mengurangi mobilitas).

Sementara itu, Kaurkes Polresta Malang Kota, drg Achmadi menjelaskan, sebagaimana yang lain, tahapan tetap sama, yakni melalui proses screening terlebih dahulu.

“Sejauh ini, proses screening berjalan lancar. Terkait efeknya, ini kan baru pertama. Masih kita pantau. Kalau jenis senovac, relatif lebih ringan. Untuk pelaksanaan akan berselang 2 hari, karena sehari hanya 50 orang,” terangnya. (aji/mat)